Biografi Agatha Christie, Sang Ratu Novel Kriminalis

Share:


profilbos.com
Exsdee, Jika seorang Sir Arthur Conan Doyle terkenal lewat novel kriminal Sherlock Holmes,  akan sangat jauh berbeda dengan Agatha Christie tokoh yang akan dibahas kali ini.

Agatha Christie, nama aslinya adalah Dame Agatha Mary Clarissa Christie salah seorang penulis fiksi kriminal berkebangsaan Inggris.

Christie disebut-sebut sebagai ratu novelis dengan genre fiksi kriminal bahkan  julukannya itu bertahan sampai saat ini. 

Agatha Christie sebenarnya merupakan nama pena yang ia gunakan dalam menulis kisah misteri, nama Agatha Christie sangat terkenal di dunia dan dinobatkan menjadi pengarang yang karyanya paling laku sepanjang sejarah (dengan pengecualikan William Shakespeare)

Agatha Christie juga menulis kisah-kisah roman dengan nama pena lain yaitu Mary Westmacott.

Buku karnyanya telah terjual sebanyak lebih dari satu miliar eksemplar dalam bahasa Inggris dan satu miliar lagi dalam 45 bahasa asing (hingga 2003). 

Sebagai contoh kepopulerannya yang luas, dia adalah penulis paling laris di Perancis, dengan lebih dari 40 juta eksemplar novelnya terjual dalam bahasa Perancis (hingga 2003)

Christie menerbitkan lebih dari 80 novel dan sandiwara teater yang kebanyakan merupakan kisah detektif dan misteri ruangan tertutup, banyak dari karyanya tersebut yang berkisah mengenai salah satu tokoh serialnya, Hercule Poirot atau Miss Marple.

Hercule Poirot dan Miss Marple adalah tokoh besar dalam fiksi detektif untuk keberhasilan komersialnya dan inovasinya dalam genre tersebut.

Meskipun Christie suka mempersulit kisahnya dengan teka-teki yang lain dari umumnya, dia juga sangat teliti dalam "bermain adil" terhadap para pembacanya dengan memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan teka-tekinya diberikan.

Banyak karyanya diambil untuk dijadikan film, bahkan sampai berulang-ulang kali seperti “Pembunuhan di Atas Orient Express", "Pembunuhan di Sungai Nil", "Kereta 4.50 dari Paddington”, dan banyak ceritanya yang diambil ulang untuk referensi fiksi kriminal seperti di manga Detective Conan.

Sedangkan Sandiwara Teaternya yaitu "The Mousetrap" memegang rekor sebagai sandiwara dengan masa putar terpanjang di London—sejak dimulai pada 25 November 1952 hingga sekarang telah diputar lebih dari 20.000 kali.

Kisah Hidup 

Lahir pada 15 September 1890 di Torquay, Devon, Inggris dengan nama Agatha Mary Clarissa Miller, Meskipun ayahnya berasal dari New York, Christie tidak pernah mengklaim kewarganegaraan Amerika. Agatha memiliki dua saudara kandung yaitu Margaret Frary Miller dan Louis Montant

Agatha menikah pada malam Natal tahun 1914 dengan Kolonel Archibald Christie, seorang penerbang. Sayangnya pernikahan pertamanya yang tidak bahagia karena perselingkuhan oleh suaminya dengan Nancy Neele dan akhirnya memutuskan bercerai pada 1928, Mereka dikarunia satu anak perempuan bernama Rosalind Hicks.

“The Mysterious Affair at Styles” merupakan novel pertamanya yang diterbitkan pada tahun 1920 ketika masih berkarir sebagai apoteker pada masa Perang Dunia I, karena pekerjaannya itu karayanya dipengaruhi kisah kisah yang berhubungan dengan racun.

Baca Juga : Biografi Arthur Conan Doyle, Novelis Pencipta Sherlock Holmes

Pada Desember 1926 dia menghilang selama sebelas hari, mobilnya ditemukan kosong di sebuah lubang kapur. Dia akhirnya ditemukan sedang tinggal di Swan Hydropatich Hotel, Harrogate, Yorkshire dengan nama Mrs. Teresa Neele, di mana dia mengatakan bahwa dia telah mengalami amnesia setelah kematian ibunya dan masalah dalam perkawinan pertamanya.

Empat tahun kemudian tepatnya pada tahun 1930 dia menikah dengan Sir Max Mallowan, seorang ahli arkeologi Inggris. Seiring dengan perjalanan menemani  suaminya ke Timur Tengah memberinya ide untuk beberapa latar belakang novel-novelnya seperti ‘And Then There Were None’, ‘Murder on the Orient Express’, ‘The Adventure of the Christmas Pudding’, dan ‘After the Funeral’

Pada tahun 1956 Christie menerima gelar Commander of the Order of the British Empire dan menjabat sebagai presiden club deteksi dan dia dianugerahi gelar "Dame Commander of the British Empire" pada tahun 1971

Namun setelah itu kesehatannya mulai memburuk akan tetapi Christie tetap menulis hingga perjalanan hidupnya berakhir pada 12 Januari 1976 dan dimakamkan di Cholsey, di St. Mary Churchyard.

Agatha Christie melimpahkan hak atas ‘The Mousetrap’ kepada cucunya, Mathew Prichard menjadi pewaris sah terhadap hak cipta untuk karya sastranya

Karena karyanya terlalu banyak mungkin bisa kalian temukan dibeberapa website lain dan untuk gelar yang Agatha Christie peroleh dari pekerjaanya itu adalah:
  1. Agatha Christie tercatat dalam Guinness Book of World Record sebagai ‘Best-selling Writer’ , berbagi tempat dengan William Shakespeare
  2. Setelah meninggal, Agatha memegang rekor UNESCO untuk penulis yang karyanya paling banyak diterjemahkan, dengan terjemahan melebihi 55 bahasa di seluruh dunia.
  3. ‘The Mousetrap’ menikmati rekor dunia sebagai ‘Longest Initial Run’ di Ambassadors Theater, London, dengan lebih dari 23.000 pertunjukan.
  4.  Agatha Christie juga merupakan penerima pertama Grand Master Award oleh Asosiasi Penulis Misteri Amerika (MWA).
  5. Karyanya yang berjudul ‘Witness for the Prosecution’ juga mendapatkan penghargaan Edgar dari MWA untuk kategori ‘Best Play’.
  6. Sebagian besar karyanya menjadi hit di layar lebar dan dilihat berkali-kali, terutama ‘Murder on the Orient Express’, ‘4 .50 From Paddington’ dan ‘Death on the Nil’.
  7. Versi drama dan filmnya diadaptasi juga untuk radio, televisi, komik, bahkan video game

Tidak ada komentar