Biografi J.K Rowling, Novelis Fiksi Penyihir Dumbledore

Share:
Exsdee, Harry Potter merupakan sebuah novel fiksi yang mengisahkan kehidupan penyihir bernama Harry Potter di sekolah penyihir bersama dua rekannya melawan penyihir hitam.

mononews.gr
Cerita Harry Potter memang sedikit unik, tidak banyak orang yang dapat menulis sebuah cerita yang menyangkut penyihir dengan imajinasi yang begitu natural. 

Bicara tentang penulis carita Harry Potter, ia dikenal dengan sebutan J.K Rowling (nama pena yang ia gunakan) sedangkan nama aslinya adalah Joanne Kathleen Rowling. 

Biografi J.K Rowling

Joanne Kathleen Rowling atau J. K Rowling lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris, 31 Juli 1965 berkebangsaan Britania Raya.

Dianugrahi tiga anak, satu perempuan bernama Jessica dari pasangan pertama Jorge Arantes (m. 1992–95) dan dua anak lagi yaitu David Gordon Rowling Murray (laki-laki) dan Mackenzie Jean Rowling Murray (perempuan) dari suami kedua Neil Murray (m. 2001–sekarang).

Dulunya Rowling merupakan seorang ibu rumah tangga namun memiliki bakat menulis yang dapat dimanfaatkannya dan sekarang dia menjadikan dirinya novelis sebagai karir hidup.

Berawal dari serial novel Harry Potter, ibu dengan tiga anak tersebut sempat menyandang gelar wanita terkaya di Inggris pada waktu itu. Novel menjadi best seller dan masuk kategori terlaris sepanjang sejarah.

Rowling menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar New York Times best-seller.

Jalan Kesuksesan 

Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling sempat pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris.

Di sana dia menikah dengan seorang wartawan Portugis yaitu Jorge Arantes dan memiliki anak perempuan Jessica yang dilahirkan pada tahun 1993.

Selepas perkawinannya berakhir dengan perceraian, Rowling pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya untuk menetap berdekatan dengan rumah adik perempuan Rowling.

Di Edinburgh, Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi diri dan anaknya, Semasa dalam kesusahan itu akhirnya Rowling mulai menulis sebuah buku.

Dikatakan Rowling mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.

Buku pertamanya adalah Harry Potter dan Batu Bertuah (Harry Potter and the Sorcerer’s Stone), buku inilah yang memulai perjalanan hidup barunya.

Baca Juga : Biografi Benjamin Franklin, Tokoh Dalam Uang $100

Walaupun sempat beberapa kali ditolak menjual buku tersebut, akan tetapi Rowling berhasil menjual buku tersebut, untuk jumlah harga $4000.

Selanjutnya diikuti buku Harry Potter dan Kamar Rahasia (Harry Potter and the Chamber of Secrets), Harry Potter dan Tawanan Azkaban (Harry Potter and the Prisoner of Azkaban)

Ketiga buku itulah (seri 1,2,dan 3) yang berhasil menangguk keuntungan lebih kurang 480 juta dolar AS dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa pada tahun 2000.

Disusul buku Buku keempat rilis pada Juli 2000 yaitu Harry Potter dan Piala Api, telah dicetak buat pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah. 

Lalu buku kelimanya yaitu Harry Potter dan Orde Phoenix, telah mulai dipasarkan pada 12 tengah malam 21 Juni 2003, serentak di seluruh dunia selepas lebih kurang 3 tahun buku keempat diterbitkan.

Sedangkan buku keenam bejudul Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran (Harry Potter and the Half-Blood Prince) juga telah diluncurkan secara resmi serentak di seluruh dunia pada pukul 12.01 malam 16 Juli 2005.

Untuk melancarkan peluncuran buku tersebut, ia mengadakan keramaian istimewa di Edinburgh Castle.

Ia melibatkan diri dalam beberapa salam jumpa dan meluangkan waktu dengan pembaca kanak-kanak yang meminati bukunya.

Sejauh ini, peluncuran buku keenamnya di seluruh dunia lebih mendapat perhatian dari peluncuran buku Harry Potter yang lain.

Setelah melewati kesuksesan dengan buku keenam, Rowling meluncurkan buku ketujuhnya yang berjudul Harry Potter dan Relikui Kematian(Harry Potter and the Deathly Hallows) pada tahun 2007

Buku ini adalah akhir penjalanan kisah Harry Potter yang ditulis J.K Rowling

Dari Buku ke Layar Lebar

Tidak berhenti di lembar cetak saja kisah Harry Potter and the Sorcerer’s Stone juga diangkat ke layar lebar di bawah arahan sutradara Chris Colombus yang mulai ditayangkan pada 16 November 2001.

Pada ujung minggu pembukaannya di Amerika Serikat, film tersebut telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar AS (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park 1999).

Disusul sekuel film yang tidak kalah bagusnya, Harry Potter and the Chamber of Secrets, mulai ditayangkan pada 15 November 2002 dan menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung. 

Lali film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah mulai ditayangkan pada 4 Juni 2004. 

Dilanjutkan  dengan seri-seri selanjutnya yang bahkan berlanjut hingga anak turunnya Harry potter.

Tidak ada komentar