Exsdee - Invisible Ink, pernah dengar tentang tinta tak kasat mata? biasanya invisible ink sering gunakan dalam film-film genre seperti spy untuk dimanfaatkan sebagai pesan rahasia.

Seperti namanya invisible ink diambil dari dua kata dalam bahasa inggris yaitu invisible adalah tak terlihat dan ink adalah tinta.

Jadi dasarnya invisible ink adalah tinta yang tidak berwarna atau transparan, dimana bila digunakan untuk menulis, tulisannya tidak dapat dibaca.

Lalu apa gunanya jika tinta tersebut tak terlihat?

Awalnya invisible ink memang tak terlihat tetapi tinta tersebut akan kelihatan jika diberikan reaksi tertentu misal: dipanaskan atau disorot lampu tergantung dari media apa tinta tersebut dibuat.

Baca Juga : Bau Unik Saat Turun Hujan Itu Petrichor?

Invisible Ink, pertama kali digunakan sekitar abad ke-5 M dengan menggunakan bahan sari buah. Biasanya digunakan oleh kalangan bangsawan untuk mengirimkan pesan rahasia dengan tujuan jika pesan tersebut dicuri, si pencuri tidak tahu isi pesan itu karena hanya penulis dan penerima yang tahu metode ini.

Dahulu bahan Invisible Ink belum banyak yang tahu dan susah dicari karena itu hanya orang-orang tertentu yang menggunakannya.

Tetapi sekarang invisible sudah banyak dipasaran dalam bentuk pena atau dikenal dengan istilah security maker pens dan pena untuk membacanya yaitu decoder pens, selain untuk surat rahasia di zaman modern invisible ink dimanfaatkan untuk permainan sulap dan style konser musik. 

Baca Juga : Sebenarnya Hitam Atau Putih Warna Asli Dari Kulit Zebra?

Cara kerjanya tinta yang tadinya transparan menjadi terlihat, karena terdapat kandungan zat asam tertentu dalam tinta.

Seperti dalam sari buah lemon yaitu iodin dan asam lemah, membuat kertas putih yang sudah ditulisi dengan tinta itu tetap terlihat putih walaupun sudah kering.

Bagian yang terkena asam akan lebih cepat berubah warna ketika dipanaskan dari pada area lain yang tidak terkena asam. Karena itulah tintanya menjadi terlihat. Tapi ada juga yang mengatakan dalam sari buah lemon mengandung persenyawaan karbon.

Persenyawaan karbon memang hampir tidak berwarna bila dilarutkan dalam air  akan tetapi, bila dipanaskan persenyawaan karbon akan menghasilkan karbon yang berwarna hitam.