Exsdee - Masih ingatkah dengan gelang yang dapat menyala dalam gelap? biasanya gelang itu disebut glow stick. 

Waktu kecil kalian pasti sering memainkannya atau mungkin sekarang kalian juga masih menggunakan glow stick sebagai keperluan sehari-hari?

Glow stick juga disebut light stick, biasanya sering digunakan untuk penelusuran ke sebuah tempat yang tidak dapat ditembus cahaya seperti penyelaman, lampu darurat untuk aksi militer, atau untuk peralatan konser.
Lalu kenapa glow stick dapat mengeluarkan cahaya?

Di dalam glow stick terdapat zat kimia yang disebut cyalume di mana terdiri dari hydrogen peroxide dan fluorescent dye.

Salah satu zat yang bersifat Luminescence (zat yang dapat menyala) atau tepatnya jenis Chemo luminescence, karena dapat bercahaya dari dua zat yang saling bereaksi yaitu berupa hydrogen peroxide dan fluorescent dye.

Kenapa harus dikocok sebelum digunakan? Sebenarnya ada apa yang di dalam glow stick  tersebut? Ok kita akan mengupasnya.

Yang pertama kenapa Glow stick harus dipatahkan? agar hydrogen peroxide dan fluorescent dye saling bertemu,


Lalu kedua kenapa Glow stick harus dikocok? agar cairan kimia yang nyala dapat menyebar secara merata

Untuk lama penggunaan glow stick biasanya dapat bertahan dalam rentang waktu 6 jam namun ada pula glow stick kualitas bagus yang dapat menyala dalam waktu 12 sampai 24 jam.

Sayangnya glow stick  hanya dapat digunakan sekali, jika interaksi dua zat kimia tersebut sudah selesai bereaksi cahaya akan mati dan glow stick sudah tidak bisa digunakan kembali, sebelum interaksi selesai nyala glow stick juga tidak bisa dihentikan.
Baca Juga