Biografi Charlie Chaplin, The Best Aktor Film Bisu

Share:
Pinterest
Exsdee, Chaplin dikenal Sebagai seorang aktor komedian terkenal yang berperan tanpa suara, genarasi 2000-an kebanyakan orang terutama anak-anak lebih mengenal Chaplin malalui serial animasi sebab film Chaplin yang asli sudah ditinggalkan. 

Sebenarnya, Chaplin merupakan nama belakang dari sang aktor, bukan nama karakter yang ia perankan. 

Sedangkan nama karakter yang sering diperankan adalah the tramp tetapi istilah Chaplin justru malah lebih dikenal dari pada istilah the trump.

Di era film saat ini, yaitu film yang bersuara hasil karya Chaplin dinilai memiliki karakteristik tersendiri sebab menampilkan hal yang berbeda untuk publik, faktanya, salah satu film Chaplin pernah di remake kembali dan mandapatkan rating yang memuaskan. 

Walaupun tanpa bersuara akting Chaplin tetap memuaskan penonton, tingkahnya yang konyol dan di luar kewajaran membuat rating film komedi meningkat.
Charlie Chaplin, nama lengkapnya yaitu Sir Charles Spencer "Charlie" Chaplin KBE, ternyata Chaplin bukan hanya menjadi aktor film saja, ia juga merupakan sutradara sekaligus penulis naskah. 
Karakter the trump adalah peran utamanya, seperti gambar diatas dengan topi unik dan kumis kotaknya itulah yang mengangkat derajat Chaplin menjadi sangat sukses, 

Walaupun zaman era film bersuara telah berkuasa tetapi ia tetap kukuh menggeluti film bisu miliknya, kariernya terbilang sukses bagaimana tidak, film bisu yang ia perankan dapat bertahan selama lebih dari 75 tahun. 

Tetapi dibalik kesuksesannya perjalanan Charles Chaplin untuk menjadi orang yang berharga tidak seindah yang dikira semua orang, dimulai dari lahir dari orang yang kurang mampu, perzinahan dan kontroversi lainnya. 

Perjalanan Hidup

Charles Spencer Chaplin lahir pada 16 April 1889 di East Street, Walworth, London Selatan dari pasangan Hannah Chaplin dan Charles Chaplin Sr. 

Walaupun pekerjaan ibunya adalah artis penghibur tetapi dari finansial keluarga tersebut terbilang miskin ditambah sifat ayahnya Charles Chaplin Sr yang peminum akhirnya hubungan orang tuanya merenggang dan Chaplin harus tinggal bersama ibu dan sudara ibunya.

Perjuangan dan karir Chaplin dimulai ketika menginjak usia 14 tahun ketika ibu Chaplin, Hannah chaplin sakit keras menderita Skizofrenia yang harus dirawat di rumah sakit jiwa Cane Hill di Coulsdon. 

Ia terpaksa tinggal di rumah penampungan orang miskin dan menggantikan ibunya sebagai aktor penghibur dari panggung ke panggung. 

Karena bakatnya yang temurun dari ibunya dan sudah diasah sejak usia 5 tahun, bakat akting Chaplin dilirik perusahaan asing dan diminta pindah ke Amerika. 

Di tangan pengasuh kelompok Fred Karno dari tahun 1910 hingga 1913 bakat Chaplin semakin terlihat dari perannya dibeberapa seperti film fred karno sampai akhirnya produser dari film Mack Sennett terkesan dengan akting Chaplin. 

Film Making A Living di tahun 1914 merupakan film pendek pertama yang ia bintangi di produksi keystone studio.

Debutnya menjadi The tramp dalam film keduanya yaitu Kid Auto Races in Venice (1914) memulai kesuksesannya, bersama dengan keystone studio Chaplin belajar banyak dunia perfilman.

Di akhir kontrak dengan Keystone yaitu tahun 1914, Chaplin sudah bisa menyutradarai dan menyunting sendiri film-film pendek yang dibuatnya. 

Pada tahun 1915, Chaplin menyetujui kontrak satu tahun dengan studio Essanay. Setelah itu, kontrak bernilai besar untuk selusin film komedi tipe dua reel disepakati Chaplin dengan studio Mutual Film pada tahun 1916. 

Studio Mutual memberinya kebebasan artistik yang nyaris tanpa batas, dan dalam jangka waktu 18 bulan, Chaplin berhasil menyelesaikan 12 judul film. 

Film-film tersebut nantinya berhasil menjadi film komedi klasik dan tetap masih bisa menghibur hingga sekarang.

Setelah kontrak dengan studio Mutual habis pada tahun 1917, Chaplin menandatangani kontrak produksi 8 film tipe dua reel dengan studio First National. Selain pembiayaan dan distribusi film-film (1918-1923) yang ditanggung studio First National, kebebasan artistik seluruhnya berada di tangan Chaplin.

Dengan kebebasan berkreasi ada di tangan, Chaplin membangun studio Hollywood sendiri dan mengelurakan banyak film bersama first national. 

Film yang dianggap sebagai karya terbesarnya adalah City Lights (1931) dan Modern Times (1936). 

Gelar Ksatria

Chaplin menerima gelar Knight Commander of the British Empire (KBE) dari Ratu Elizabeth II pada 4 Maret 1975. 

Nama Chaplin pertama kali diusulkan sebagai penerima pada tahun 1931, dan masuk dalam daftar calon untuk yang kedua kali pada tahun 1956. 

Tutup Usia

Chaplin wafat di usia 88 tahun dalam tidurnya pada Hari Natal tahun 1977, di Vevey, Swiss. Chaplin dimakamkan di Pekuburan Corsier-Sur-Vevey di Corsier-sur-Vevey, Kanton Vaud. 

Namun makamnya dipindahkan di dekat Danau Jenewa setelah pernah dicuri sekelompok orang.

Tidak ada komentar