Exsdee - Sebagian orang menganggap hujan adalah hal yang buruk, apalagi datang disaat-saat yang tidak diinginkan dengan disertai sambaran petir dan angin ribut. Tetapi untuk sisa orang, mungkin beranggapan hujan adalah waktu yang cocok untuk berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga.

Bicara mengenai hujan, apakah kalian pernah memperhatikan rintikan air hujan yang turun , sekilas terlihat miring? Dan jika kalian bergerak, maka rintikan hujan akan semakin miring.

Hujan yang kalian lihat sebenarnya merupakan berkas tetes air yang melesat ke bumi, seperti halnya kamu melihat garis terang saat peluru di tembakkan dari senapan seperti dalam film-film.

Baca Juga : Penjelasan Sains, Kenapa Bintang Terlihat Kelap-Kelip dari Bumi?

Sebenarnya, hujan jatuh ke bumi tidaklah miring sama sekali, kenapa? karena tarikan gravitasi bumi yang menjadikan air hujan jatuh tegak lurus ke bawah. Sedangkan kemiringan yang kalian lihat saat diam, itu dikarenakan tiupan angin yang membawa hawa panas awan hitam.

Namun kenapa saat dilihat dalam keadaan bergerak, tetesan air hujan bertambah miring?

Saat kita diam, air hujan akan bergerak jatuh menyentuh tanah lebih cepat. Namun saat kita bergerak dengan kecepatan tertentu, ada momentum kita menabrak air hujan lebih cepat dari jatuhnya air tersebut ke bumi. Jejak cahaya yang dilihat akan berbelok menyesuaikan mata kalian sebagai pengamat yang bergerak.

Baca Juga : Keindahan Warna Ilusi Optik Light Pilar

Jadi yang terlihat bukanlah air hujan yang miring, melainkan air hujan tersebut tetap jatuh tegak lurus ke bumi. Namun, saat kamu mulai bergerak, air hujan itu akan mulai miring dan akan semakin miring seiring dengan kecepatan kamu bergerak. Bahkan saat kamu menaiki pesawat terbang yang berkecepatan tinggi, hujan akan nampak datar.