Exsdee - Zebra (Equus) merupakan binatang dari keluarga kuda (Equidae) yang banyak ditemukan di benua Afrika. Mamalia sosial yang dapat hidup 25 tahun ini memiliki keunikan sendiri dari hewan lainnya maupun dari keluarga yang sama (kuda ataupun keledai)

Keunikan yang zebra miliki yaitu terdapat pada warna tubuhnya yang berbelang hitam putih. Zebra lahir dengan kulit yang memiliki warna coklat putih. Lalu, saat dewasa warnanya akan berubah menjadi hitam putih.

Nah, kulit zebra dewasa dengan warna hitam putih tersebut, sempat menjadi perdebatan mengenai warna asli hewan ini.

Apakah putih berbelang hitam atau hitam berbelang putih?

Jika dilihat secara sekilas warna putih memang lebih dominan dibandingkan warna hitam. jadi, banyak yang berasumsi bahwa zebra memiliki warna asli putih berbelang hitam.

Namun asumsi tersebut rupanya salah besar, kenapa? karena warna asli zebra  yang sebenarnya adalah hitam yang berbelang putih.

Apa alasannya?

Alasannya, kulit dasar zebra sebenarnya berwarna hitam sehingga menjadikan bulu-bulunya juga berwarna hitam, Sementara belangnya yang berwarna putih tersebut merupakan bagian kulit yang mengalami kekurangan pigmentasi.

Baca Juga : Tardigrada Si Beruang Air, Hewan Yang Nyaris Tidak Bisa Matii

Uniknya, setiap hewan zebra memiliki belang yang tidak seragam alias memiliki belang yang khas secara individual. Bahkan konsep ini hampir mirip dengan sidik jari yang dimiliki oleh manusia.

Keunikan belang hitam putih dari warna tubuh zebra memiliki fungsi tersendiri yaitu, dengan warna kulit berbelang tersebut dapat menjadikan terciptanya ilusi optik sehingga menjadi kamuflase yang bagus untuk menghindar dari predator.

Meskipun di habitatnya terdapat rumput tinggi berwarna coklat kuning dan hijau tetapi zebra tetap akan sulit terdeteksi oleh para predator, terutama si raja rimba singa.

Hal tersebut disebabkan karena singa tidak bisa membedakan warna atau buta warna, hidup zebra yang sosial itu juga menjadikan hal positif sendiri karena berbaur dengan corak-corak warna temannya.

Fungsi lain yaitu untuk deflektor panas, karena sekitar 70% panas akan dibuang melalui kulit hewan ini.

Belang hitam dan putih pada zebra juga sangat berguna untuk menghadapi lalat yang merupakan salah satu musuh utama yang mengganggu kenyamanan zebra.

Belang tersebut dapat menimbulkan pantulan cahaya yang terpolarisasi sehingga dapat menakuti lalat pengganggu.