Exsdee - Coba tebak sayur apa yang selalu terlihat segar? pasti hampir semua orang pasti langsung terpikir sayur wortel.

Kenapa? tentu saja karena wortel berwarna orange yang akan membuat sayur tersebut selalu terlihat sangat segar dan mencolok. Mungkin, seandainya wortel tidak berwarna orange daya tarik wortel tidak terlalu menarik.

Bagaimana jika wortel memiliki warna lain, misalnya ungu, putih , kuning, atau merah?

Eh jangan salah, ternyata wortel dengan varian warna sudah ada dari dulu lho, pernahkah kalian membaca jurnal ataupun artikel yang menyebutkan bahwa dulunya wortel tidak berwarna orange?  
Diketahui dari bukti sejarah tertua tentang wortel dapat ditemukan di Mesir. Wortel terbesar muncul pada gambar-gambar di kuil Mesir pada tahun 2000 SM.

Dua ratus tahun kemudian, Raja Mesir, Merodach-Baladan menanam wortel di kebun pribadinya, namun saat itu hanya daun dan bunga wortel yang dimanfaatkan untuk masakan sebagai bahan sayuran.

Wortel mulai banyak dikonsumsi sejak tahun 1 Masehi. Menurut sejarah, wortel aslinya muncul dari Asia Tengah di sekitar Afghanistan (yang saat ini) kira-kira 5000 tahun yang lalu dan menyebar secara perlahan ke daerah Mediterania.

Diketahui banyak bibit wortel telah ditemukan sekitar danau purba wilayah Swiss, sehingga para ahli menduga bahwa wortel telah dikonsumsi manusia purba sebagai obat.

Wortel sendiri telah menjadi bagian dari peradaban manusia selama 5000 tahun dan hingga abad ke-10 wortel ungu tumbuh subur di Afganistan, Pakistan dan Iran utara.
Sebelumnya, hampir semua wortel tidak berwarna orange seperti sekarang tetapi berwarna ungu, dengan sesekali muncul versi hasil mutasi, seperti wortel berwarna kuning dan putih.

Warna orange pada wortel seperti saat ini, baru ada sejenak setelah abad ke-17. Wortel orange bermula dari kerajaan Belanda yang ingin merubah ​semua hal berdasarkan warna favorit keluarga Orange-Nassau terutama, William I yang dikenal sebagai Pangeran Orange (Prince of Orange).

Pangeran William I inilah dibalik sebab dari wortel orange, ia membentuk House of Orange-Nassau, yang menginginkan semua hal memiliki warna orange, termasuk beberapa jenis sayuran, dan salah satunya Wortel.

Baca Juga : Walking Palm Pohon Berjalan Di Dunia Nyata Layaknya Pohon Fiksi

Setelah dibentuknya House of Orange-Nassau, wortel orange diproduksi secara besar-besaran karena warnanya sama dengan simbol negara Belanda, dan kepopuleranya bertahan hingga saat ini.

Namun ada beberapa catatan yang menyebutkan wortel berwarna orange sudah ada sejak dahulu, sebelum keluarga Orange-Nassau merubahnya. Ada manuskrip dari Bizantium bertanggal 512 SM yang menjelaskan tentang wortel orange.

Berdasarkan manuskrip tersebut terbukti bahwa varietas mutan wortel berwarna orange sudah dikembangkan pada waktu itu.
Baca Juga