Penjelasan Sains, Kenapa Bintang Terlihat Kelap-Kelip dari Bumi?

Share:
cerita.picmix.it
Exsdee, Dari imajinasi anak-anak sampai imajinasi seorang seniman profesional, bintang dalam sebuah gambar pasti selalu berwarna kuning dan memiliki bentuk mata angin segi lima. 
Padahal kenyataannya jika kita lihat bintang dari bumi warna bintang selalu putih dan berkedip-kedip. Menurut Ilmuan ahli Astronomi Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. 
Sedangkan orang-orang yang berada di bumi setiap melihat setitik cahaya dilangit malam selalu dianggap sebagai bintang kecuali satu yaitu bulan.

Padahal semua titik cahaya yang bertaburan di atas langit malam bukan hanya gas-gas yang dapat menciptakan cahayanya sendiri seperti penjelasan bintang yang dijelaskan di atas.

Bintang-bintang bercahaya yang kita lihat dari bumi ada yang berupa planet, satelit, komet, nebula dan matahari atau bintang itu sendiri, berputar membentuk sebuah galaksi. Karena itu bulan terlihat bertaburan jika kita lihat dari bumi.

Kembali ke topik pembahasan, jika kita amati dari bumi bintang di angkasa ada terlihat berkedip-kedip menjadi terang kemudian gelap dan seterusnya begitu, Namun faktanya bintang tidak berkedip-kedip sama sekali.

Bintang berkedip-kedip dimalam hari karena saat cahaya bintang masuk ke bumi akan melalui atmosfer yang bergoyang-goyang.

Di dalam atmosfer bumi ada lapisan atau tempat yang tebal dan tipis, dan selalu bergerak tidak teratur sehingga ketika cahaya bintang masuk melewati atmosfer akan tampak seperti bergoyang goyang, inilah yang membuat bintang terlihat berkedip.

Kejadian ini sama seperti ketika kita sedang melihat benda di dalam air, contohnya kamu sedang melihat ikan dilaut, ikan tersebut akan tampak bergoyang-goyang di dalam karena adanya goyangan dari air.

Begitu juga jika kamu yang sedang menyelam melihat orang di atas air, akan terlihat sama (bergoyang) begitulah yang dialami cahaya bintang melalui atmosfer, akan terlihat seolah berkedip.

Baca Juga : Beginikah Proses Terbentuknya Petir

Jika kita memelajari fisika sebuah cahaya akan dibelokkan jika melewati 2 medium yang berbeda dan akan menyebabkan pembiasan pada mata.

Nah dari asal cahaya sampai mata kita cahaya bintang melewati beberapa medium angin yang selalu bergerak dengan cepat hingga atmosfer bumi mengalami pergolakan istilah tersebut dalam sains dinamakan turbulensi, turbulensi yaitu perubahan kecepatan aliran udara yang sering terjadi dalam skala kecil, dengan jangka waktu yang pendek dan acak.

Lalu kenapa dilangit ada bintang yang tidak berkedip?

Jawabannya adalah karena bintang yang kita anggap tidak berkedip itu bukan bintang yang dimaksud dalam sains atau bintang semu.

Bintang yang kita maksud adalah planet yang dapat memantulkan beberapa persen dari cahaya matahari.

Bintang planet atau sejenisnya dapat berkedip jika kondisi atmosfer bumi turbulensinya sangat kuat, atau ketika planet berada dekat dengan horizon,  maka planet akan terlihat berkedip.

Karena ketika planet berada dekat dengan horizon (sesaat sebelum tenggelam atau setelah terbit) berkas cahayanya harus melalui atmosfer bumi yang lebih tebal.

Tidak ada komentar