Exsdee - Permainan kartu dalam bahasa Inggris disebut playing cards sedangkan di Indonesia kita mengenalnya dengan istilah kartu remi.


Kapan dan siapa penemu kartu remi tidak diketahui secara pasti, diduga remi berasal dari daratan Cina ada juga yang beranggapan dari Hindustan India.

Dalam satu pack kartu remi berisi 52 lembar, dan terbagi menjadi 4 jenis yaitu spade, heart, diamond, club. Masing-masing jenis terdiri atas 13 kartu dimulai dari angka 2 sampai 10 lalu jack, queen, king dan as
Untuk setiap jack queen king sedikit berbeda dari yang lainnya jika biasanya hanya terdapat lambang tiap jenis namun untuk jack queen king pasti disertai gambar, nah kenapa begitu??

Ternyata, Setiap gambar tersebut mengandung filosofi sejarah bukan sekedar hiasan saja, setiap ke empat jenis menggambarkan tokoh-tokoh penting.

Salah satunya yaitu ke empat gambar king yang menggambarkan 4 raja besar saat zaman middle ages

1.) “Diamond Julius Caesar.
Brilio

Julius Caesar merupakan seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang kekuasaannya meliputi Gallia Comata memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus

Julius Caesar dikenal dikenal sebagai diktator seumur hidup, dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut. 

Baca Juga : Sejarah Terciptanya Bakso Agar Mudah Dimakan, Kenapa Sekarang Kebalikannya?

Julius Caesar dikenang sebagai kaisar Romawi paling sempurna (walaupun Roma masih merupakan sebuah republik semasa hidupnya dan jabatan kaisar belum dibentuk hingga ia meninggal). 

Ia memerintah Republik Romawi beberapa tahun setelah penaklukan kekuatan terakhir bangsa gallia di bukit alesia, hingga kematian tragisnya di sidang senat pada 44 SM

2.) “Spades” Iskandar Agung (Alexander the Great)
Brilio.net
Iskandar Agung, seorang raja Kekaisaran Makedonia (bahasa Yunani: Βασιλεύς Μακεδόνων), sebuah negara di daerah timur laut Yunani. 

Menurut sejarah ia tidak pernah terkalahkan dalam pertempuran dan dianggap sebagai komandan perang terhebat sepanjang masa walaupun hanya memerintah selama 13 tahun.


Baca Juga : Sejarah Terciptanya Bakso Agar Mudah Dimakan, Kenapa Sekarang Kebalikannya?

Semasa kepemimpinannya ia mampu membangun sebuah imperium yang lebih besar dari setiap imperium yang pernah ada sebelumnya. 

Hingga kematiannya ia meninggalkan wilayah kekuasaan berukuran 50 kali lebih besar dari yang diwariskan kepadanya serta mencakup tiga benua (Eropa, Afrika, dan Asia). 

Gelar yang Agung atau Agung di belakang namanya diberikan karena kehebatannya sebagai seorang raja dan pemimpin perang lain serta keberhasilannya menaklukkan wilayah yang sangat luas.
 
3.) “Clubs” King David (Raja Daud) 

Daud ( داودDāwūd) ialah nabi sekaligus raja Bani Israil, sejak muda ia telah menyertai tentera Bani Israil di bawah pimpinan Thalut melawan pasukan bangsa Palestin yang dipimpin Jalut (Goliath).

Daut inilah yang berhasil membunuh Jalut, sehingga dipuji sebagai pahlawan perang. 

Setelah Raja Thalut meninggal, Daud menggantikannya sebagai raja. 

Allah mengangkat Daud sebagai nabi dan rasul-Nya, kepadanyalah diturunkan kitab Zabur. 

Baca Juga : Sejarah Terciptanya Bakso Agar Mudah Dimakan, Kenapa Sekarang Kebalikannya?

Ia memiliki sejumlah mukjizat, kecerdasan akal, mengerti bahasa burung, bahlan melembutkan besi hanya dengan menggunakan tangan kosong

Daud juga dianugrahi memiliki suara yang paling merdu dari semua suara umat manusia, sama seperti Yusuf yang diberikan wajah yang paling tampan. 

Daud yang mulai pembangunan Bait Suci yaitu Baitul Muqaddis yang telah diselesaikan oleh anaknya Sulaiman, yang kemudian sekarang menjadi tempat Masjid Al-Aqsa. 

Daud meninggal dunia diusia 100 tahun dan dikebumikan di Baitul Muqaddis. (cerita versi islam agak berbeda dengan yang lain)

4.) “Hearts King Charlemagne

Charlemagne adalah salah satu raja paling berpengaruh di zaman pertengahan. 

Pada zamannya, semua orang menganggap bahwa hanya king Arthur yang layak menjadi rival Charlegmane sebagai gambaran raja kristen terbaik sepanjang masa.

Charlemagne merupakan raja kaum Frank dari 768 sampai 814 dan kaum Lombard dari 774 sampai 814. 

Baca Juga : Sejarah Terciptanya Bakso Agar Mudah Dimakan, Kenapa Sekarang Kebalikannya?

Ia dinobatkan sebagai Imperator Augustus di Roma pada hari natal tahun 800 oleh Paus Leo III, ia pula yang mendirikan Kekaisaran Romawi Suci (dengan gelar Karel I). 

Melalui penaklukan dan pertahanan, ia mengukuhkan dan mengembangkan kekuasaannya hingga meliputi sebagian besar Eropa Barat. 

Ia sering dianggap bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan ada juga yang beranggapan sebagai bapak pendiri Eropa.

Charlemagne meninggal ketika musim dingin bersalju di Aachen karena demam tinggi.