Fenomena Busa Cappucino Di Pantai Australia

Share:
Pinterest 
Exsdee, Fenomena busa cappucino merupakan istilah ombak air laut yang meninggalkan busa-busa tebal berwarna coklat karena dipengaruhi sesuatu.

Beberapa pantai di Autralia sempat dilanda fenomena busa cappucino untuk beberapa kali.

Busa tebal yang diperkirakan mencapai lebih dari 2 meter tingginya menyelimuti pantai dan sisi kota disekitar pantai.

Fenomena busa cappucino pernah menerjang pantai Lorne di Victoria 4 Juni 2012 dan terulang 3 tahun sesudahnya di Yanba sebelah utara Syndey 4 juni 2015.

Menurut peneliti fenomena ini dapat berulang 3- 5 tahun sekali tergantung keadaan laut sekitar.

Baca Juga : Muncul Asap Putih Dari Mulut Saat Musim Dingin? 

Para ilmuan juga memastikan fenomena bisa cappucino tercipta dari kotoran organik yang di laut seperti garam, zat kimia lain, bangkai ikan, ganggang, tanaman mati, dan getah rumput laut.

Kotoran organik tersebut tercampur dan melekat satu sama lain lalu terdorong ke pantai akibat golombang kuat dari badai yang menerjang laut australia.

Kekuatan dorong dan ketidak stabilan arus air memaksa udara di dalam air menghasilkan banyak gelembung kental berwarna coklat seperti cappucino.

Sebenarnya para ilmuan menganggap busa tersebut berbahaya jika menyentuh kulit karena tercipta dari campuran zat kotor yang memungkinkan membawa penyakit.

Tetapi sebagian orang dengan santainya bermain seakan-akan tidak ingin melewatkan fenomena langka busa cappucino tersebut.

Tidak ada komentar