Biografi Antonio Meucci, Tokoh Asli Pencipta Telepon

Share:
Wikiwand.com
Exsdee, Antonio Santi Giuseppe Meucci atau dikenal dengan nama Antonio Meucci merupakan sosok penemu yang sebenarnya dari induk smartphone saat ini yaitu alat komunikasi modern yang disebut telepon.

Lebih dari seabad mayoritas orang masih menanggap Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon, tetapi sejak 11 juni 2002 hak paten telepon sudah ditulis ulang dalam kongres Amerika Serikat dan menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu yang sebenarnya.


Baca Juga : Biografi J.K Rowling, Novelis Fiksi Penyihir Dumbledore


Latar Belakang

Antonio Meucci lahir di San Ferdiano, Italia 13 April 1808, Meucci merupakan pelajar lulusan Akademi Kesenian Frenze. 

Dalam perjalanan hidupnya dia pernah berimigrasi ke Havana, Kuba untuk berkerja, Meucci selalu suka mengisi waktu luangnya untuk melakukan eksperimen hal-hal baru salah satunya telepon, bahkan dia pernah mengembangkan terapi setrum listrik untuk penyembuhan penyakit.

Penemuan Telepon

Bicara tentang telepon, Meucci mulai merancang telepon sejak tahun 1850 di Stated Island, New York. 

Dia menyempurnakan ciptaannya saat kondisi ekonominya sedang sulit. Bahkan istrinya menjual beberapa alat ciptaannya untuk biaya pengobatan Meucci yang saat itu sedang sakti.

Pada tahun 1871 Meucci mulai mematenkan ciptaannya yaitu telepon, namun karena keterbatasan ekonomi Meucci hanya bisa mendapatkan hak paten sementara yang berlaku setahun dan harus diperbarui setiap tahunnya.

Kesalah Pahaman Hak Cipta

Lebih dari seabad hak Meucci sebagai penemu diselewengkan, semua itu karena permainan monopoli oleh Alexander Graham Bell yang telah menyuap perusahaan telegraf Western Union atas hak paten telepon. 

Antonio Meucci telah mencoba mendemonstrasikan potensi telegraf berbicara ini pada wakil ketua Western Union namun setiap ingin menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan tidak bisa. 

Dua tahun kemudian, saat Meucci ingin meminta berkas materi telepon yang diserahkan ternyata mereka mengatakan berkas itu telah hilang.

Akan tetapi pada tahun 1876, muncul nama Alexander Graham Bell yang menyandang penemu telegraf berbicara. Meucci yang tidak terima setelah mengetahui itu memakai pengacara dan ke kantor paten Amerika untuk memperjuangkan haknya tetapi Meucci kalah. 

Setelah adanya pertikaian antara Graham Bell dengan pihak Western Union baru terungkap bahwa Graham Bell menyuap Western Union dengan membayar 20 persen keuntungan komersil atas penemuannya.

Sayangnya Antonio Meucci meninggal pada 18 oktober 1889 pada umur ke-81 sebelum menikmati buah hasil karyanya.



Tidak ada komentar