Exsdee - Harry Potter merupakan sebuah novel fiksi yang mengkisahkan kehidupan penyihir  dari akademi sihir. Cerita Harry Potter memang sedikit unik, tidak banyak kisah yang dapat ditulis dengan latar belakang fantasi yang begitu natural. Novel Harry Potter ditulis oleh novelis berkebangsaan Inggris dikenal dengan sebutan J.K Rowling sedangkan nama aslinya adalah Joanne Kathleen Rowling. 

Biografi J.K Rowling

Joanne Kathleen Rowling atau lebih dikenal dengan sebutan J.K Rowling lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris, 31 Juli 1965 berkebangsaan Britania Raya.

Dianugrahi tiga anak, satu perempuan bernama Jessica dari pasangan pertama Jorge Arantes (m. 1992–1995). Sedangkan Dua anak berikutnya yaitu David Gordon Rowling Murray dan Mackenzie Jean Rowling Murray dari suami kedua Neil Murray (m. 2001–sekarang).


Sebelum Dikenal Sebagak Novelis Rowling merupakan seorang ibu rumah tangga namun memiliki bakat menulis yang dapat dimanfaatkannya dan sekarang dia menjadikan dirinya novelis sebagai karir hidup.

Berawal dari serial novel Harry Potter, ibu dengan tiga anak tersebut sempat menyandang gelar wanita terkaya di Inggris pada waktu itu. Karyanya menjadi best seller dan masuk kategori terlaris sepanjang sejarah.

Rowling menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar New York Times best-seller.

__Jalan Kesuksesan __
Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling sempat pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sana dia menikah dengan seorang wartawan Portugis yaitu Jorge Arantes dan memiliki anak perempuan Jessica yang dilahirkan pada tahun 1993.


Selepas perkawinannya berakhir dengan perceraian, Rowling pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya untuk menetap berdekatan dengan rumah adik perempuan Rowling. Di Edinburgh, Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi diri dan anaknya, Semasa dalam kesusahan itu akhirnya Rowling mulai menulis sebuah buku.

Dikatakan Rowling mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990. Buku pertamanya adalah Harry Potter and the Sorcerer’s Stone Menjadi awal perjalanan karir barunya.

Karena terus meningkatnya penggemar Harry Potter J.K Rowling tidak berhenti dengan satu judul saja, dia menerbitkan 7 judul untuk menyelesaikan kisah Harry Potter. Dan semuanya dapat membawanya menjadi novelis hebat bahkan pernah dikategorikan sebagai wanita terkaya pada saat itu.

__Dari Buku hingga Layar Lebar__
Tidak berhenti di lembar cetak saja kisah Harry Potter and the Sorcerer’s Stone juga diangkat ke layar lebar di bawah arahan sutradara Chris Colombus yang mulai ditayangkan pada 16 November 2001.


Pada ujung minggu pembukaannya di Amerika Serikat, film tersebut telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar AS (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park 1999).

Disusul sekuel film yang tidak kalah bagusnya, Harry Potter and the Chamber of Secrets menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung.