Sejarah Kemewahan Kereta Api Orient Express

Share:
blog.lulus.com
Exsdee, Orient Express secara tidak langsung sering disebut-sebut sebagai kereta api paling mewah dizamannya. 

Melalui novel karangan Agatha Christie dengan judul Murder on the Orient Express kereta api Orient Express menjadi populer kembali walaupun sudah tidak dioperasikan. 

Dalam anime Detective Conan kereta orient express juga pernah ditampilkan dengan nama lain Bell Tree Express. 

Dalam wujud aslinya memang kereta tersebut sangat mewah dan termasuk dalam kereta api kelas satu

Tetapi bagaimana sejarahnya kereta api ini sampai sangat terkenal didunia modern yang telah dikuasai kereta api listrik?

Orient Express adalah nama kereta api penumpang jarak jauh yang pernah dioperasikan oleh Compagnie Internationale des Wagons-Lits

Kereta ini resmi berhenti beroperasi pada 14 Desember 2009, dan rutenya dihapus dari jadwal perjalanan kereta api Eropa. 

Dihentikannya operasi Orient Express dilaporkan sebagai "korban kereta api kecepatan tinggi dan maskapai penerbangan murah.”.

Rute Perjalanan 

Dari awal beroperasi sampai diberhentikan beroprasi, rute Orient Express mengalami tiga kali perubahan, semakin lama rutenya semakin mengecil. 

Rute awal atau aslinya dari dua kota yang berhubungan yaitu Paris dan Istanbul yang mulai beroperasi pada 4 Oktober 1883 dan berhenti pada tahun 1977. 

wikipedia.org
Lalu diperpendek menjadi Paris-Wina beroprasi pada malam hari dan diberhenti beroperasi pada 8 juni 2007. 

Perubahan rute terakhir yaitu jalur Strasbourg-Wina bertahan sampai resmi berhenti pada tahun 2009. 


Baca Juga : Jawaban Untuk Misteri Kenapa Donat Bolongnya Di Tengah?

Saking terkenal dengan kemewahannya dan terkenalnya sehingga banyak orang yang menganggap Orient Exspress sebagai rute perjalanan khusus untuk kereta api mewah. 

Sejarah Perjalanan Orient Express

Tahun 1930-an merupakan masa kejayaan operasi Orient Express, dengan tiga layanan paralel yaitu: Orient Express, Simplon Orient Express, dan juga Arlberg Orient Express

Namun pada Tahun 1962, Orient Express dan Arlberg Orient Express telah menghentikan operasinya, meninggalkan satu-satunya Simplon Orient Express

Namu pada tahun yang sama Implon Orient Exspress diganti oleh layanan lebih lambat yang disebut Direct Orient Express (menjalankan layanan harian dari Paris menuju Beograd, dan layanan dua kali seminggu dari Paris menuju Istanbul dan Atena).

Tetapi pada 1977, Direct Orient Express ditutup seluruhnya, dengan layanan Paris-Istanbul terakhir pada tanggal 19 Mei 1977. 

Dengan Ditutupnya Direct Orient Express seharusnya menjadi tanda akhir Orient Express keseluruhan, tetapi kenyataannya berbeda.

Operasi di bawah nama ini masih berlanjut dari Paris ke Budapest dan Bukares seperti sebelumnya (melalui Strasbourg, Munchen, dan Budapest).

Hal Ini berlanjut hingga 2001, ketika operasi ini dimundurkan hingga Paris-Wina, layanan tersebut berjalan harian, tercantum pada jadwal dibawah nama Orient Express, hingga 8 Juni 2007. 

Namun dengan pembukaan jalur kereta berkecepatan tinggi Paris-Strasbourg tanggal 10 Juni 2007, layanan Orient Express masih diperpendek lagi hingga Strasbourg-Wina. 

Masa kejayaan Orient Express

Tahun 1930-an merupakan kejayaan operasi Orient Express, dengan tiga layanan paralel yang membentang melalui Zürich dan Innsbruck menuju Budapest

Orient Express mendapat reputasinya untuk kenyamanan dan kemewahan, mengangkut gerbong tidur dengan operasi permanen dan gerbong makan yang dikenal untuk kualitas hidangannya

Satu fitur yang menarik dari kereta Orient Express adalah pemasangan gerbongnya yang datang dari Perancis, Jerman, Austria, dan sebelumnya, Hungaria dan Rumania, yang membolehkan orang-orang membandingkan pilihan negara tersebut dan memilih yang terbaik. 

Tidak ada komentar