Exsdee - Ilusi Jastrow adalah permainan ilusi optik yang dapat menipu penglihatan visual. nama Jastrow sendiri diambil dari nama Joseph Jastrow yang disebut-sebut sebagai penemu ilusi unik tersebut. 

Permainan Ilusi Jastrow memanfaatkan beberapa objek berbentuk kipas yang disusun sedemikian rupa, tujuannya agar objek yang berada di belakang terlihat lebih kecil dari objek yang di depan.

Ilusi Jastrow dapat dilakukan dengan menggunakan perbandingan objek berukuran sama dengan bentuk seperti kipas yang disejajarkan sedemikian rupa (sisi pendek dijajarkan sisi panjang) sehingga si penglihat akan menangkap ukuran 2 objek terlihat berbeda. Syarat supaya ilusi berhasil sudut pandang si penglihat harus dari depan (seperti contoh dalam gambar).

Baca Juga : Kenapa Hujan Terlihat Miring Ketika Kita Bergerak?

Gambar 2
Seperti kedua gambar di atas, Sebenarnya kedua objek memiliki ukuran yang sama tetapi setelah tata letak diatur sedemikian rupa (seperti gambar 2) objek A terlihat lebih besar dari objek B.

Kenapa bisa begitu?

Tentu karena kita membandingkan bagian sisi pendek objek B yang sejajarkan dengan bagian sisi panjang objek A dengan awalan yang sama padahal panjang sisi berbeda.

Psikolog Joseph Jastrow menemukan ilusi tersebut pada tahun 1889 M. kalian dapat mencoba ilusi jastrow ini di rumah dengan menggunakan potongan roti ataupun puzzle rel kereta api mainan.