11 September 2001, Guncangnya Gedung WTC

Share:
Exsdee, Teror 11 September di Amerika sangat terkenal, banyak yang menyebutnya dengan istilah September 11, September 11th atau 9/11. Teror tersebut merupakan serangkaian empat serangan udara bunuh diri yang telah diatur terhadap beberapa target di New York City dan Washington, D.C pada 11 September 2001.

Republika.co.id

Menurut laporan tim investigasi 911, sekitar 3.000 jiwa jatuh korban dalam serangan ini, diketahui ada 19 pembajak mengambil alih empat pesawat jet komersial yang sedang terbang menuju San Francisco dan Los Angeles setelah lepas landas dari Boston, Newark, dan Washington, D.C.

Dua pesawat yang dibajak menabrak ke Menara Kembar World Trade Center (yang sering disingkat WTC), New York City, pesawat ketiga menabrak ke Pentagon di Arlington, Virginia, dan pesawat keempat, (United Airlines Penerbangan 93), jatuh di lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania. Diduga target utama penyerangan adalah gedung putih atau U.S Capitol.

Laporan menemukan bahwa para pembajak mengambil alih pesawat dengan menyandra para penumpang bahkan menusuk dan membunuh pilot, pramugari, bahkan beberapa penumpang.

Dugaan Invertigasi Amerika langsung merujuk kepada kelompok militan Islam, al-Qaeda yang dipemimpin Osama bin Laden. "Bukti yang mengaitkan al-Qaeda dan bin Laden dengan serangan 11 September adalah jelas dan tidak dapat disangkal" pengakuan pihak FBI.

Baca Juga : Fenomena Optik Terbentuknya Sebuah Pelangi 

Bukan hanya Amerika yang berkesimpulan seperti itu, kerajaan United Kingdom mendapat kesimpulan yang sama bahwa al-Qaeda dan Osama bin Laden bersalah atas serangan 11 September.

Asal usul al-Qaeda dicurigai karena kelompok ini memang memiliki masalah dengan negara adikuasa Amerika Serikat, jika disusuri ke tahun 1979 (ketika Uni Soviet menyerang Afghanistan).

Setelah serangan tahun 1979 tersebut, Osama bin Laden pergi ke Afghanistan untuk mengulurkan bantuan dengan mendirikan kelompok mujahidin Arab dan mendirikan organisasi Maktab al-Khidamat (MAK) untuk melawan Soviet.

Ketika berperang dengan Uni Soviet, bin Laden dan para pejuangnya menerima pembiayaan Amerika dan Saudi yang kebanyakan disalurkan melalui ISI (layanan intelijen Pakistan).

Pada tahun 1989, ketika Soviet mundur, MAK diubah menjadi "angkatan respons cepat" yang berjihad ke atas pemerintah-pemerintah di seluruh dunia Islam. Dengan bimbingan Ayman al-Zawahiri, Osama bin Laden menjadi lebih radikal.

Pada tahun 1996, bin Laden mengeluarkan fatwa pertamanya yang mendesak tentara Amerika agar meninggalkan Arab Saudi.

Bin Laden mengeluarkan fatwa keduanya pada tahun 1998 untuk membantah dasar luar Amerika Serikat terhadap Israel, serta kehadiran prajurit Amerika yang berkelanjutan di Arab Saudi setelah Perang Teluk.

Kembali ke Teror WTC, Investigasi FBI terhadap kejadian yang bernama kode Operasi PENTTBOM, merupakan upaya investigasi yang terbesar dan paling rumit dalam sejarah.

FBI bahkan harus melibatkan lebih 7.000 agen khusus dan berjam-jam waktu yang terbuang

Setelah serangan, Pada 27 September 2001. FBI mengeluarkan nama-nama 19 pembajak beserta informasi kewarganegaraan yang mungkin digunakan oleh mereka kepada publik, di samping informasi pribadi tertentu mereka.

15 dari mereka diketahui berasal dari Arab Saudi, dua dari Uni Emirat Arab, seorang dari Mesir (Atta), dan seorang dari Lebanon. Dan dipastikan bahwa Mohamed Atta dari Mesir merupakan ketua 19 perampas dan salah seorang pilot. Atta sendiri tewas dalam serangan bersama semua pembajak yang lain.

Persis sebelum pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2004, di dalam sebuah pernyataan video terekam, Osama bin Laden mengakui keterlibatan al-Qaeda pada penyerangan Amerika Serikat dan mengakui hubungan dia secara langsung pada serangan tersebut.

Dia berkata bahwa serangan tersebut dilakukan dengan alasan "Kami bebas, dan untuk mendapatkan kebebasan bagi negara kami. Seperti kalian meremehkan keamanan kita, kita meremehkan keamanan kalian." Osama bin Laden 

Osama bin Laden berkata bahwa dia sendiri telah memerintahkan ke-19 pembajak pesawat, Di dalam video tersebut dia berkata, "Kami telah sepakat dengan Komandan Jendral Muhammad Atta, bahwa semua operasi akan dilaksanakan dalam 20 menit sebelum Bush dan pemerintahannya menyadari"

Video lain yang didapatkan oleh Al Jazeera pada September 2006 menunjukkan Osama bin Laden bersama dengan Ramzi Binalshibh, dan 2 pembajak Hamza al-Ghamdi and Wail al-Shehri, pada saat mereka bersiap2 untuk penyerangan.

Namun, 5 hari berselang dalam sebuah pernyataan di stasiun televisi Aljazeera, bin Laden menegaskan ia tidak terlibat dengan peristiwa 11 September dan menyatakan bahwa pemerintah Amerika berbohong dengan menjadikan ia kambing hitam untuk tujuan tertentu.

Pengakuan Ahli Tentang Keganjilan 11/9

Richard Gage, seorang arsitek berpengalaman selama 20 tahun dalam bidang konstruksi dan telah berkecimpung dalam banyak proyek perancangan bangunan anti-api.

Ia mengeluarkan pernyataan yang menyangkal pernyataan Komisi 9/11, yang menyatakan bahwa gedung WTC 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 hancur akibat ledakan bukan dari  tabrakan penerbangan 11 dan 175.

Para arsitek yang tergabung dalam organisasi tersebut juga berpendapat bahwa mereka mencurigai adanya perubuhan terkontrol dengan bahan peledak yang menjadi penyebab runtuhnya menara 1, 2 dan terutama runtuhnya menara 7.

Russ Wittenberg, seorang pilot senior, mantan pilot USAF dengan 30.000+ jam terbang, yang juga pernah menerbangkan pesawat penerbangan 175 dan penerbangan 93 juga tidak sependapat terhadap hasil investigasi resmi pemerintah.

Ia mempertanyakan beberapa fakta janggal seperti, mengapa rekaman pengatur penerbangan saat kejadian 9/11 dirusak oleh komisioner FAA?, mengapa kotak hitam tidak ditemukan dari satu pun pesawat?, dan juga mempertanyakan tingkat kemahiran pembajak yang menurutnya untuk sekelas pilot berlisensi pesawat perintis sangat mencurigakan dapat mengendalikan pesawat sekelas 747 dengan kecepatan tinggi dan menabrakkannya dalam posisi target yang tidak lebar.

Russ Wittenberg bersama organisasi Pilot for 911 truth yang di dalamnya berisikan ratusan pilot profesional dari berbagai belahan dunia juga menyangkal laporan resmi dari Komisi 9/11.
____________________
https://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_11_September_2001





Tidak ada komentar