Amerika Serikat Melarang Tanaman Kangkung Terus Beredar

Share:
Pinterest
Exsdee, Di Asia khususnya Indonesia kangkung cukup populer dari kalangan masyarakat karena selain nikmat untuk dikonsumsi kangkung juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, menurut sebagian ahli kangkung juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi tubuh.

Akan tetapi berbeda dengan Amerika Serikat, di sana jangan pernah mencoba untuk menyajikan masakan kangkung, kenapa? Di negara besar tersebut tanaman kangkung termasuk dalam kategori tanaman ilegal.

Telah dilansir dari worldcrops.org di bawah wewenang undang-undang dari Federal Noxious Weed Act, Layanan Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Tanaman USDA (APHIS) melarang penjualan dan pembelian tanaman ini. Untuk dapat menanam atau melakukan transaksi harus dapat perizinan yang dikeluarkan oleh USDA.


Tanaman kangkung, dalam istilah botani disebut Ipomoea aquatic, di berbagai negara istilah untuk sebutan juga berbeda. Beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan tanaman kangkung antara lain water spinach, water morning glory, water convolvulus, morning glory, ong-choy atau swamp cabbage. 

Lantas apa alasan Amerika melarang peredaran kangkung?

Berdasarkan sebuah penelitian dari Federal Noxious Weed Act, ditemukan bahwa benih, bunga dan daun tanaman kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut alkaloid ergoline. 

Senyawa ini selama berabad-abad telah digunakan banyak kebudayaan penduduk Mexico sebagai sebuah entheogen, sebutan senyawa psychoactive yang digunakan dalam kegiatan keagamaan atau spiritual dan diklasifikasikan sebagai hallucinogens. 

Benih dari morning glory kabarnya mampu menghasilkan efek yang sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide) ketika diambil dalam jumlah yang besar. Dan apa itu Lysergic acid diethylamide?

LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya. 

Tampaknya pemerintah Amerika yang menyadari bahaya penyalahgunaan tanaman kangkung tersebut memilih untuk melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu.
____________________
https://www.unikbaca.com/2013/10/kangkung-dilarang-di-amerika.html
http://aceh.tribunnews.com/2018/01/07/penjelasan-mengapa-kangkung-dianggap-berbahaya-dan-dilarang-di-amerika-serikat

Tidak ada komentar