Biografi Jimmy Wales, Pendiri Situs Referensi Terbesar Di Dunia

Share:
medium.com
Exsdee, Jimmy Donal Wales atau dikenal dengan nama Jimmy Wales adalah seorang pendiri dan anggota dari yayasan wikimedia, yang saat ini situsnya menguasai pencarian online sebagai sumber referensi  pengatahuan digital terbesar yang dapat dinikmati secara gratis dengan sebutan wikipedia, ia juga memiliki julukan kecil dan dipanggil “Jimbo”.

"Bayangkanlah suatu dunia yang setiap orangnya bisa memperoleh akses gratis ke seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Itulah yang kami kerjakan." Jimmy wales

Biografi

Wales dilahirkan di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, 7 Agustus 1966 (ada yang menyebutkan 8 agustus). Ayahnya memiliki nama yang sama, Jimmy Wales adalah manajer toko kelontong. 

Sementara ibunya, Doris dan neneknya, Erma mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa "sekolah tradisional dengan satu ruang kelas" tempat Wales bersekolah.

Dalam kehidupan pribadinya, Jimmy Wales telah menikah sebanyak tiga kali.

Pada usia dua puluh, dia menikahi Pamela Green, seorang rekan kerja di sebuah toko kelontong di Alabama. Mereka bercerai pada tahun 1993.
Kemudian, ia bertemu dengan istri keduanya, Christine Rohan, melalui seorang teman di Chicago saat ia bekerja sebagai pedagang baja untuk Mitsubishi, menikah di Monroe County, Florida pada bulan Maret 1997, dan memiliki seorang anak perempuan sebelum memutuskan berpisah.

Jimmy Wales menikahi lagi dengan Kate Garvey di London pada tanggal 6 Oktober 2012, dia adalah sekretaris diary Tony Blair, yang bertemu dengannya di Davos, Swiss, dari hubungan mereka, Wales dan Garvey dikaruniai dua anak perempuan.

Pendidikan

Suatu artikel pada majalah Time pada tahun 2005 keliru menyebutkan bahwa Wales dididik di rumah. 

Wales sebenarnya belajar disekolah milik keluarganya, ia memang dididik dibawah pengawasan keluarganya karena ibu dan neneknya adalah guru-guru utama di sekolah itu.

Semboyan pendidikan sekolah itu sangat dipengaruhi oleh metode Montessori, dan murid-muridnya cukup bebas memilih pelajaran yang mereka sukai. 

Wales mengatakan bahwa pada masa ini, ia menghabiskan berjam-jam membaca World Book Encyclopedia.

Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School, suatu sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi, yang merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lainnya untuk digunakan oleh para siswa, wales mengaku sangat menyukai internet dan ingin mempelajari lebih dalam tentang internet ataupn komputer.

Jimmy wales juga menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari Universitas Auburn lalu melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan pada Universitas Alabama untuk memperoleh gelar master dalam bidang keuangan.

Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pasca-sarjana, ia mengajar di kedua universitas itu, tetapi ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D.

Perjalanan Karier

Sejak 1994 hingga 2000, Wales bekerja sebagai direktur riset di Chicago Options Associates, suatu perusahan pialang bursa berjangka dan option di Chicago. 

Pada 1996, ia mendirikan situs portal pencari yang bernama Bomis, yang juga menjual hal-hal yang bersifat erotis hingga pertengahan 2005. 

Ia pernah mendapat kriikan mengenai situs bombis ini yang dianggap sebagai situs porno tetapi wales menjawab bahwa bombis memang dibuat sebagai "situs mesin pencari untuk pria"

Pada Maret 2000, ia mendirikan ensiklopedia yang bisa disunting oleh khalayak ramai namun di awasi oleh orang-orang terkemuka di bidangnya masing-masing, yaitu Nupedia.com ("ensiklopedia bebas"), dan mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor-in-chief.

Pada 10 Januari 2001, Larry Sanger mengajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan peranti lunak wiki, dan Wales berusaha untuk mewujudkannya, dan meluncurkannya pada 15 Januari 2001. 

Waktu itu, wikipedia adalah situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh umum untuk diperiksa oleh para ahli dan kemudian dimasukkan ke nupedia, tetapi perkembangan wikipedia yang begitu cepat menjadikannya sebagai proyek yang lebih berkembang dan nupedia menjadi terbengkalai.

Pada pertengahan 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya. 

Menurut Daniel H. Pink dari majalah Wired, hingga 2004 Wales telah menghabiskan lebih kurang US$500.000 untuk mendirikan dan mengoperasikan proyek-proyek Wiki-nya, hampir seluruhnya berasal dari sakunya sendiri.

Pada akhir Februari 2005, pengumpulan dana Yayasan Wikimedia telah didukung sepenuhnya oleh sumbangan dan hadiah. 

Wales menjadi semakin terlibat dengan mempromosikan dan berbicara mengenai proyek-proyek Wikimedia, dan untuk melakukannya, ia mengunjungi konferensi-konferensi dan pertemuan-pertemuan, seperti "Wikimeets" dan Wikimania.

Pada Oktober 2004, Jimmy Wales dan Angela Beesley mendirikan Wikia (wiki hosting service.) wikia adalah sekumpulan situs wiki yang berbasis peranti lunak MediaWiki dan dioperasikan oleh Wikia, Inc. yang ditujukan untuk berbagai komunitas. 

Setelah berganti nama menjadi wikicities, Wikia mengumumkan bahwa perusahaan itu telah menerima dana sebesar US$4 juta dalam bentuk modal gabungan dari sekelompok pemodal.

Penghargaan

Ia ditunjuk menjadi anggota Berkman Center for Internet and Society di Harvard Law School pada 2005.

Menurut selebaran pers yang dikeluarkan oleh SocialText, pada 31 Oktober 2005, Wales bergabung dengan dewan direksi Socialtext, suatu perusahaan pengembang teknologi wiki untuk bisnis. Pada 2006, ia bergabung dengan dewan direksi Creative Commons, suatu organisasi nirlaba.

Wales menerima gelar kehormatan dari Knox College pada 3 Juni 2006.

Yayasan Electronic Frontier memberikan penghargaan Pioneer Award kepadanya pada 3 Mei 2006.

Wales adalah orang pertama yang dimasukkan dalam daftar "Scientists & Thinkers" pada majalah Time edisi khusus tanggal 8 Mei 2006 ("Riwayat hidup dan gagasan-gagasan orang-orang paling berpengaruh di dunia"), daftar pemilihan 100 orang terkemuka 2006 pada majalah Time.
____________________
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jimmy_Wales

Tidak ada komentar