Mengenal Si Cacing Sepatu Merupakan Organisme Terpanjang Di Dunia

Share:
samiesamie.com
Exsdee, Hewan adalah makhluk hidup (organisme) eukariota multiseluler yang dapat hidup di berbagai alam bahkan memiliki bentuk tubuh, sifat dan kekuatan yang bermacam-macam, ada yang besar seperti gajah, kecil seperti semut, tinggi seperti jerapah, ada pula yang cepat seperti cheetah. 

Namun setiap alam memiliki pembeda yang tidak bisa disetarakan misalnya cheetah yang tercepat di daratan belum tentu akan tercepat di air, paus biru yang memiliki ukuran terpanjang di dalam air belum tentu terpanjang di daratan, begitu pula untuk yang lainnya.

Nah pertanyaannya adakah yang tahu, apa hewan terpanjang didunia baik alam darat air maupun udara?

Apakah jerapah yang memiliki ukuran 5,5 meter, atau surai singa dengan ukuran 30 meter, atau paus biru yang dapat mencapai 33 meter? Atau mungkin ada yang berpendapat dinosaurus, hewan purba yang memiliki tubuh raksasa?

Jawaban yang disebutkan tadi semuanya salah, ternyata organisme dengan rekor ukuran terpanjang didunia diraih oleh sejenis cacing pita yang diberi nama cacing tali sepatu (Lineus longissimus). 

Baca Juga : Banteng Benci Warna Merah Merupakan Persepsi Bodoh Abadi

Pada 1864, setelah badai menghantam Skotlandia, ditemukan seekor cacing berukuran panjang yang mengagumkan terdampar di pantai St. Andrews. 

Diketahui cacing tersebut sejenis dengan cacing pita yang jika tubuhnya mengembangkan diri dapat mencapai ukuran panjang hingga 55 meter.

Tubuh cacing pita tersebut selebar kira-kira 5 sampai 10 cm, yang dibalut warna coklat dengan garis-garis halus yang membujur di setiap tubuhnya, habitat hidupnya adalah pantai-pantai berpasir atau berlumpur, juga di karang yang terisi air laut saat pasang.

Tubuhnya dapat mengeluarkan lendir sangat menyengat bahkan mengandung beracun yang berbahaya. Cara berburu hewan tersebut dengan menjerat mangsanya secara melilit di seluruh tubuh lalu mengeluarkan lendir yang mengandung racun sehingga si mangsa mati rasa lalu mati sepenuhnya. Uniknya, jika tidak dapat menemukan makanan, cacing pita tersebut bisa memakan tubuhnya sendiri.

Cacing ini bisa ditemukan di antara bebatuan di perairan utara Inggris. Dikatakan Satwa ini adalah hewan Nemertea terbesar, dan sekaligus diyakini sebagai satwa terpanjang di dunia.
____________________
http://www.mongabay.co.id/2016/03/19/benarkah-makhluk-yang-terpanjang-itu-cacing/
http://palingseru.com/93314/ini-dia-mahkluk-terpanjang-di-dunia-ternyata-bentuknya-cuman-seperti-ini

Tidak ada komentar