Armillaria solidipes Rekor Organisme Terbesar Di Dunia Merupakan Jamur?

Share:
versesofuniverse.blogspot.com
Exsdee, Banyak orang yang beranggapan bahwa dinosaurus merupakan hewan yang begitu besar melebihi gambaran yang dibuat orang orang dalam film seperti dalam film Jurassic Park atau pun Jurassic World. Hewan purba memang tergolong hewan yang memiliki tubuh yang super besar.

Hewan yang hidup di abad ini menurut peneliti merupakan evolusi dari hewan purbakala yang memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dari nenek moyangnya, misalnya seperti mammoth memiliki bentuk tubuh lebih besar dari pada gajah atau Komodo yang jauh lebih besar dari kadal dan sejenisnya.

Namun apakah benar persepsi orang mengenai ukuran tubuh hewan purbakala dapat menjadikannya kandidat sebagai organisme terbesar didunia?

Dikutip dari beberapa situs besar yang membahas tentang organisme terbesar, rekor sebagai yang terbesar didunia ternyata dipegang oleh golongan Fungi atau jamur, benar! Jamur yang selalu dapat ditemukan ditempat yang lembab, sebagai pembuat tempe, tauco bahkan kecap, dll

Hanya saja jamur super besar ini ada pada spesies yang berbeda. Jamur yang menduduki rekor terbesar yang dimaksud adalah jamur madu (Armillaria solidipes) , jamur ini ditemukan hidup di kawasan Blue Montains, Oregon, Amerika serikat.

Ingin tahu berapa ukuran yang dibutuhkan jamur madu untuk menduduki rekor organisme terbesar?

Besar ukuran jamur raksasa  dapat menutupi 1665 kali lapangan sepakbola, atau tepatnya seluas 965 hektar. Begitu besar bukan? 

Selain ukurannya yang terbilang fantastis, ternyata tingkat pertumbuhannya hingga sekarang dapat diperkirakan telah berusia lebih dari 2400 tahun yang lalu, perkiraan usia ini berdasarkan tolak ukur sejak ditemukannya jamur tersebut pertama kali yaitu pada tahun 1998

Baca Juga : Penyelamat Dunia, Aspergillus Tubingensis Jamur Pemakan Sampah Plastik

Bahkan ada pula yang berasumsi jamur madu tersebut sudah hidup lebih dari 8650 tahun yang lalu, memang tidak menutupi kemungkinan jamur itu dapat hidup selama itu akan tetapi seandainya asumsi ini benar, jamur raksasa ini bisa jadi juga memegang rekor sebagai organisme tertua didunia 

Armillaria solidipes ditemukan pertama kali oleh dinas kehutanan amerika serikat yang sedang mencari penyebab banyaknya pepohonan yang mati. Terutama pohon cemara. 

Jamur madu memang terkenal sebagai jamur pembunuh pepohonan, dengan cara menkolonisasi, jamur madu menjadi penyebab 112 pohon yang mati disekitar kawasan Oregon

Berdasarkan semple yang diambil ada sekitar 108 pohon yang terinfeksi jamur muda, para peneliti menyimpulkan bahwa jamur penyebab matinya bayak pohon ini berasal dari koloni yang sama.

Sebenarnya sebelum ditemukannya Armillaria solidipes ada jamur raksasa yang lebih dahulu ditemukan, jamu tersebut memiliki nama latin Armillaria bulbosa yang kemudian berganti nama menjadi Armillaria gallica, ditemukan di michigan, akan tetapi bulbosa hanya mencakup lahan 15 hektar saja.

Kemudian ditemukannya juga Armillaria ostoyae, jamur madu yang lebih besar dari bulbosa, jamur ini dapat mencakup lahan sekitar 600 hektar, ditemukan disebelah barat daya Washington

Begitulah penjelasan mengenai fungi yang memiliki ukuran super besar, jamur madu memang organisme yang mudah menkolonisasi dan dapat tumbuh begitu besarnya. Sampai saat ini rekor organisme terbesar masih dipegang oleh Armillaria solidipes 24/12/18.
____________________
http://www.mongabay.co.id/2015/09/14/organisme-apa-yang-terbesar-di-dunia-ternyata-jamur/

Tidak ada komentar