Mengapa Amerika Serikat Dijuluki Negara Paman Sam

Share:
www.washingtontimes.com
Exsdee, Amerika serikat merupakan salah satu negara besar yang termasuk negara adikuasa, kita dari bangsa lain biasanya menyebut Amerika Serikat dengan istilah lain seperti AS atau negeri Paman Sam.

Untuk istilah AS kita pasti sudah mengerti bahwa itu merupakan singkatan dari Amerika Serikat tetapi bagaimana dengan sebutan negeri paman Sam, siapa itu Paman Sam? apakah seorang presiden amerika? atau mungkin orang yang sangat berjasa bagi  amerika seperti Abraham Lincoln dan Benjamin Franklin?

Paman Sam yang kita kenal digambarkan sebagai lelaki yang menggunakan topi menjulang ke atas dengan jaket biru dan janggut putih sembari menunjuk kepada setiap yang melihatnya "I Want You For The U.S Army"

Sebenarnya sosok paman sam sendiri merupakan tokoh fiksi yang diciptakan oleh kartunis Thomas Nast dan kartunis James Montgomery Flagg dengan bentuk lain selama perang dunia I

Figur paman sam bermula dari seorang penyedia daging bernama Samuel Wilson yang membuka usaha kemasan daging di New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.

Baca Juga : Penilaian Dokter Tentang Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Pada tahun 1812 jumlah barang untuk tentara dibeli di Troy, NY, oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintah. Barang diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson.

Dalam setiap paket tong daging inisial E.A.-U.S. Pada saat dimintai arti inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA adalah Elbert Anderson si kontraktor pemerintah dan US adalah Uncle Sam maksudnya adalah paman samuel si pemeriksa yang seharusnya adalah United States. 

Kisah diatas akhirnya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, karena istilah uncle sam semakin terkenal, seorang kartunis politis Thomas Nast mewujudkan tokoh paman sam, Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. 

Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan tentang seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan Rumah Paman Sam.

Pada September 1961, Kongres Amerika Serikat mengakui Samuel Wilson sebagai pencetus simbol nasional Amerika Serikat atau Paman Sam.28/01/2019
____________________
https://sains.me/mengapa-amerika-disebut-negara-paman-sam/
https://www.idntimes.com/news/world/vanny-rahman/kenapa-amerika-serikat-disebut-negeri-paman-sam

Tidak ada komentar