Exsdee.com - Terkadang selera setiap orang dalam memelihara burung berbeda-beda, ada yang suka memelihara burung karena tertarik dengan warna bulu yang cantik, ada pula yang tertarik karena suara kicauannya. 

Salah satu burung yang memiliki suara yang unik adalah burung beo. Kalian tahu kan Burung beo? Burung ini terkenal dengan burung yang dapat menirukan suara manusia dengan cukup baik layaknya manusia.

Akankah terpikirkan oleh kalian bagaimana cara burung beo ini dapat berbicara?

Berbeda dengan manusia yang memiliki pita suara, faktanya burung memang tidak memiliki organ tersebut (pita suara). 

Lalu bagaimana cara beo melafalkan kata per kata yang begitu persis suara manusia? 

Setelah begitu lama diteliti, para ilmuan telah mengungkap sebagian besar rahasia tersebut. Ternyata beo memanfaatkan otot di sekitar saluran napas sedemikian rupa, sehingga ketika dilewati udara, akan menimbulkan suara tertentu.

Ditambah efek yang dihasilkan oleh posisi lidah dengan begitu beo dapat mengeluarkan suara yang unik selayaknya ucapan manusia.

Namun jawabantersebut bukan berarti menjelaskan bagaimana burung beo dapat "menyalin" atau menirukan dengan tepat suara manusia.

Maka itu timbul pertanyaan baru "Bagaimana cara kerja beo dapat menirukan suara manusia dengan tepat?"

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh PLOS ONE, mereka menemukan bahwa ada perbedaan struktural dalam otak burung beo, perbedaan tersebut terdapat pada cincin luar, para ilmuan menyebutnya dengan “shell”, nah shell burung beo ternyata relatif lebih besar dari burung yang lain bahkan sesama spesiesnya sendiri.  

Penelitian itu mengungkapkan, kemampuan untuk meniru timbul dari jalur salinan otak, karena sebagian besar area otak burung tersebut berada di dalam daerah yang juga mengendalikan gerakan(termasuk otot sekitar saluran pernafasan) yang digunakan untuk mengubah suara layaknya manusia.

Para ilmuwan memperkirakan, hal ini bisa menjelaskan mengapa beberapa burung beo juga bisa belajar menari dengan musik. "Dibutuhkan kekuatan otak yang signifikan untuk memproses informasi pendengaran dan menghasilkan gerakan yang diperlukan untuk menirukan suara spesies lain,” ujar Dr.Chakraborty dari Duke University.

"Temuan ini membuka jalan penelitian besar dalam mencoba memahami bagaimana burung beo memproses informasi yang diperlukan untuk menyalin suara baru serta mekanisme apa yang mendasari tiruan suara ucapan manusia" kata Dr. Mukta Chakraborty dari Duke University.
Baca Juga