Menukrip Voynich Buku Paling Misterius Di Dunia

Share:
www.wshu.org
Exsdee - Manuskrip Voynich (Voynich Manuscript) adalah buku ilustrasi misterius dengan ketebalan 240 halaman yang isinya tidak dapat dimengerti.

Bedasarkan uji karbon menuskrip Voynich diperkirakan ditulis pada abad pertengahan antara tahun 1450 sampai tahun 1520 oleh pengarang yang tidak diketahui serta dalam bahasa dan sistem penulisan yang juga tidak diketahui.

Menuskrip voynich ini dinobatkan menjadi salah satu buku paling misterius di dunia karena sampai sekarang belum ada ahli sejarawan  ataupun ahli  kriptologi yang dapat membaca isi dalam menuskrip tersebut.

Ilmuan menyakini menuskrip voynich membahas tentang biologi, anatomi, astronomi, astrologi, kosmologi, dll. Karena terdapat berbagai diagram-diagram dan ilustrasi berwarna, mulai dari deretan sketsa menyerupai bunga bermahkota besar dan sejumlah tanaman yang tak cocok dengan satu pun jenis tumbuhan di Bumi.

Baca Juga : Palindrome, Yang Dapat Dibaca Berbagai Arah

Terdapat pula sketsa aneh menyerupai wanita-wanita telanjang, dengan perut besar, berada dalam air menyerupai aliran sungai, yang entah apa maksudnya.

Tak sedikit orang yang berasumsi bahwa buku ini menggunakan huruf dan bahasa asing, bahkan ada yang mengatakan buku tersebut mendeskripsikan kehidupan dunia lain seperti alien ataupun yang sejenisnya.

Tercatat dalam sejarah menuskrip voynich mulai diketahui pada abad ke-20. Kala itu, seorang Jesuit asal Italia diyakini memberikan naskah tersebut kepada Wilfrid Voynich, seorang pedagang buku antik kenamaan di daratan Eropa.

Wilfrid Voynich menjelaskan bahwa buku ini sempat dimiliki oleh Kaisar Jerman Rudolph II (1576-1612), yang membelinya seharga 600 dukat emas dari peramal Inggris John Dee (1527-1608), dalam catatan hariannya.

Akan tetapi penjelasan Wilfrid Voynich diragukan karena tidak menyertakan bukti-bukti otentik lainnya. Bahkan, tak sedikit ahli yang mengatakan bahwa buku misterius itu hanya hoax belaka yang dibuat sendiri oleh Wilfrid Voynich untuk menjadi sensasi, dan dapat dijualnya kembali dengan harga tinggi.

Namun, mengingat umur, waktu, uang, serta tenaga yang di butuhkan untuk menyusun buku ini tidak mungkin buku tersebut ditulis hanya untuk omong kosong belaka.
Keberadaan menuskript voynich saat ini tersimpan dengan baik di perpustakaan buku langka di University of Yale
____________________
https://www.money.id/news/mengenal-manuskrip-voynich-buku-paling-misterius-di

Tidak ada komentar