Exsdee.com - Dalam tata surya kita terdapat 8 planet yang beredar mengelilingi 1 bintang. Bumi tempat tinggal kita menjadi planet terbesar kelima dari 8 planet lain dengan ukuran 6,371 km sedangkan yang menduduki planet peringkat 1 adalah Jupiter dengan ukuran 69,911 km.

Walaupun ukuran Jupiter cukup besar tetapi ukuran tersebut sama sekali belum mendekati ukuran bintang mereka yaitu matahari yang mencapai ukuran 695,000 km. ukuran tersebut terbilang fantastis jika dibandingkan 8 planet yang mengorbitnya.

Akan tetapi apakah matahari merupakan bintang terbesar? Jawabannya tentu saja bukan

Universe atau alam semesta terdiri dari miliaran bintang-bintang dan galaxy-galaxy, saking banyaknya jumlah tetapnya masih belum diketahui sampai sekarang. Di antara miliaran bintang tentu ada kemungkinan bintang yang lebih besar dari matahari salah satunya yaitu UY Scuti. 

UY Scuti merupakan red supergiant yang dinobatkan sebagai bintang terbesar kedua yang diketahui manusia hingga saat ini.

UY Scuti pertama kali diketahui pada tahun 1860 M oleh astronom asal Jerman di Bonn Observatory saat melakukan survey bintang-bintang untuk sebuah katalog. Bintang ini memikat perhatian karena sempat ada perubahan pada kecerahannya di antara konsentrasi Scutum. Karena ditemukan dekat dengan rasi bintang Scutum akhirnya diberi nama UY Scuti.

UY Scuti pernah dinobatkan menjadi bintang terbesar pada tahun 2016 setelah riset yang panjang sampai akhirnya digeser oleh bintang Stephenson 2-18. 

Apa saja fakta unik UY Scuti?

Karena dinobatkan menjadi yang terbesar kedua, kita telusuri dahulu sebesar apa UY Scuti? Besar UY Scuti andaikan dianalogikan dengan perbandingan matahari. UY scuti bagaikan sebuah benua sedangkan matahari adalah desa. Analogi ini bukan berarti melebih-lebihkan.

Faktanya ukuran radius atau jari-jari UY Scuti saja kurang lebih 7,94 AU (NB: AU merupakan ukuran jarak antara bumi dan matahari, kira-kira 150 juta km). bisa dibuktikan sendiri 7,94 x 150 juta=1,191 miliar km dan diameternya 2,3765 miliar km. Sedangkan ukuran radius matahari hanya 695.000 kurang lebih perbandingannya 1: 2,91juta.

Memang ukuran UY Scuti masih diperdebatkan oleh ilmuan lantaran faktor keterbatasan teknologi saat ini yang masih belum dapat menjangkau ukuran tersebut, ditambah lagi dengan jarak yang jauh.

Bicara mengenai jarak tentu sebelum itu harus mengetahui posisi UY Scuti. Sebenarnya UY Scuti masih satu galaksi dengan tata surya kita yaitu bimasakti lebih tepatnya berada di antara rasi bintang Scutum, karena posisi UY Scuti jauh dari cakram Bimasakti, jadi UY Scuti memiliki unsur logam.

Nah jika kita Tarik ukuran dari bumi untuk mencapai letak UY Scuti harus menempuh 2900 tahun cahaya.

Selain ukuran dan jarak, cahaya UY Scuti tergolong bercahaya terang sejalan dengan besarnya dan proses pembakaran bahannya. Ukuran cahaya UY Scuti mampu mencapai 340.000 kali lebih cerah dari pancaran cahaya matahari, sedangkan permukaan UY Scuti sendiri hamper seluruhnya tertutup oleh debu dan gas.

Namun karena mampu bercahaya dengan terang tentunya akan berbanding terbalik dengan usia bintang itu sendiri. Dikarenakan proses pembakaran untuk menghasilkan cahaya akan menghabiskan unsur-unsur yang dimilikinya. Dan bagian buruknya UY Scuti telah memasuki fase akhir kehidupan sebab kehilangan massanya.

Tetapi tenang saja, meskipun sudah mencapai fase akhir untuk mencapai ledakan supernova UY Scuti masih memiliki waktu bertahun-tahun, jadi akan sangat lama.
Baca Juga