Exsdee.com - Albert Einstein pada tahun 1905 memperkenalkan gagasan yang sangat berpengaruh di dunia hingga saat ini. Sebuah teori yang ia sebut dengan teori relativias ini awalnya diciptakan untuk menjelaskan bagaimana pergerakan gelombang elektromagnetik tidak selaras dengan teori hukum Newton.

Sir Isaac Newton menganggap ruang dan waktu itu konstan, sedangkan Albert Einstein menganggap ruang dan waktu tidaklah konstan, melainkan dapat berubah dan bergejolak layaknya fluida

Einstein membagi teori ini dalam 2 tahap. Pertama teori relativitas khusus dan yang kedua teori relativitas umum, yang ia publikasikan satu dekade kemudian setelah gagasan pertama diperkenalkan.

Inti pemikiran dari kedua teori ini adalah bahwa dua pengamat yang bergerak relatif terhadap masing-masing akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda untuk kejadian yang sama, tetapi isi hukum fisika akan terlihat sama oleh keduanya.

Relativitas khusus adalah teori mengenai struktur ruang-waktu. Teori ini mengacu pada dua konsep, pertama: Bahwa setiap objek berada dalam kerangka yang bergerak secara konstan dan bergerak dengan kecepatan tetap terhadap objek lain, tidak dapat melakukan membandingkan apakah mereka bergerak atau diam, artinya kelajuan cahaya akan sama terhadap semua pengamat yang berada dalam ruang hampa.

Misalnya jika anda berada dalam sebuah kapal selam yang bergerak dengan kecepatan tetap. Anda tidak dapat mengatakan apakah kapal selam tengah bergerak atau diam.

Konsep kedua:  Hukum fisika berlaku untuk setiap objek dalam semua kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tetap terhadap yang lain; artinya bentuk persamaan fisika akan selalu sama walaupun diamati dalam keadaan bergerak.

Berdasarkan kedua konsep tersebut teori relativitas Einstein diatas mengakibatkan perubahan persepsi dari pengalaman yang kita rasakan sehari-hari, seperti: Relativitas Kecepatan, Pemuaian Waktu, kontraksi Lorentz, dan relativitas masa & energi.

Relativitas Umum adalah teori berhubungan dengan konsep gravitasi newton. Newton menyebut bahwa gravitasi adalah gaya yang tidak tampak yang menarik objek satu sama lain. Tapi lewat teorinya, Einstein berpendapat bahwa gravitasi adalah kelengkungan ruang-waktu yang disebabkan oleh massa suatu benda. Kelengkungan tersebut berefek pada waktu: semakin besar gravitasi, semakin lambat waktu akan berjalan di lengkungan ruang-waktu tersebut.

Contoh dari akibat relativitas umum seperti: Jam akan bergerak semakin lambat pada lubang gravitasi yang makin dalam(dilatasi waktu)