Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Anak-Anak Desa Tamangede


KENDAL – Berbagai program mewarnai Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dari Rumah Angkatan 77, Kelompok 1 UIN Walisongo Semarang di Desa Tamangede, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Kali ini program-programnya meliputi bidang kesehatan, media, agama, dan pendidikan.

Kegiatan KKN menjadi momentum berbagi ilmu pendidikan di tingkat taman kanak-kanak (TK) maupun sekolah dasar (SD).

“Biasanya kami mengajar mulai matematika, bahasa Indonesia, hingga bahasa Inggris. Semuanya bergantung pada pelajaran yang sudah di berikan kepada anak anak di sekolah sebelumnya. Di awal kegiatan biasanya kita tanyakan dahulu apakah ada tugas atau PR yang di berikan oleh guru di sekolah. Setelah itu baru kita berikan materi yang sudah kita persiapkan untuk di berikan kepada siswa.”

Kegiatan pembelajaran tidak hanya di isi oleh materi, tetapi juga di selingi oleh permainan permainan tradisional. Kita juga memberikan ice breaking seperti bermain, membeli jajanan di sekitar lokasi belajar. Kakak-kakak KKN dapat memberikan pelatihan tambahan seperti melipat origami dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Selain membantu mengajar, program belajar bersama mahasiswa itu bertujuan untuk berbagi semangat belajar dan meyakinkan anak anak bahwa mereka juga bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Warga sekitar juga turut senang dengan adanya kegiatan pendampingan belajar ini. Karena beberapa orang tua dari anak tersebut sibuk dengan aktivitas kerjanya, sehingga menyebabkan kurangnya pendamipingan belajar pada anak anak. Semoga kegiatan ini bisa membantu anak anak dalam memahami materi serta bisa mengenal ilmu ilmu baru yang sebelumnya belum mereka ketahui.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama