MAHASISWA KKN UIN WALISONGO MENGGANDENG PUSKESMAS GEMUH I DALAM PELAKSANAAN VAKSIN TAHAP 1 DI DESA TAMANGEDE, KECAMATAN GEMUH


Kendal -
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dari Rumah Angkatan 77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 1 bersama dinkes kab.kendal yang melalui puskesmas Gemuh I mengadakan kegiatan vaksinasi tahap 2 Sinovac di Aula Balai Desa Tamangede pada Senin, 10 November 2021. 

Vaksinasi ini bukan pertama kalinya digelar di desa yang padat penduduk ini. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah sudah 2 kali mensuskseskan pelaksanaan Vaksinasi di Desa Tamangede ini. 

Desa Tamangede sebagai bagian dari binaan puskesmas gemuh 1 dipilih menjadi tempat vaksinasi karena memiliki cukup ruang yang dapat menampung 7 desa binaan lainnya (gemuh blanten, sedayu, pamriyan, galih, cempoko mulyo, triharjo, sojomerto)

Sekitar Pukul 09.00 WIB, masyarakat desa setempat maupun luar desa sudah memadati halaman Aula Balai Desa Tamangede. Kuota pada vaksin Sinovac tahap kedua ini sejumlah 1008 orang. Jumlah kuota ini dikarenakan diundurnya dua kali jadwal vaksinasi pada tanggal 26 dan 3 November sebab habisnya stok vaksin dari provinsi. 

“tercatat sudah 940 lebih orang yang melakukan vaksinasi pada pukul 11.40 WIB, Ungkap Bu Aya salah satu tim medis dari Puskesmas Gemuh I

“sejauh ini belum ada yang ditolak untuk kegiatan vaksinasi, semua dalam keadaan sehat dan dapat di vaksin hari ini”, ucap Bu Aya

Sarifudin (22), masyarakat desa tamangede yang turut mengikuti kegiatan vaksinasi tahap 2 ini mengungkapkan bahwa dirinya memang mencari vaksin jenis Sinovac. 

“tidak hanya tenaga Kesehatan, abdi negara, staff pemerintah, namun juga masyarakat umum harus turut melakukan vaksinasi agar pandemi covid-19 segera berlalu dan kehidupan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Menggunakan masker  bukan lagi kewajiban, dan berjabat tangan bukan lagi sebuah larangan,” kata masyarakat setempat yang memiliki latar belakang seorang santri kharismatik yang mampir pulang untuk beberapa di rumah. 

Ia juga menambahkan pentingnya vaksinasi sebagai upaya penyebaran virus Covid-19 dan masyarakat tidak perlu takut atau cemas terkait efek samping pasca vaksin. 

Berdasarkan informasi di lapangan, masyarakat awalnya masih enggan untuk melakukan vaksinasi karena takut akan efek samping pasca vaksin. Namun, seiring berjalannya waktu, banyaknya edukasi dari pemerintah, hingga himbauan kewajiban kepada masyarakat untuk vaksin membuat mereka tak lagi takut. Sekarang, Vaksinasi menjadi sebuah syarat untuk masuk pusat perbelanjaan, wisata alam dan sebagainya. 

Kegiatan Vaksinasi yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB ini usai ditutup dengan makan Bersama. 

Kolaborasi apik antara Pemerintah Desa Tamangede dan UPTD Puskesmas Gemuh I yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.


Penulis : Siti Suwaebatul Aslamiyah

Editor  : Ridwan Setiawan 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama