Ziarah Kubur Pada Hari Santri Menjadi Momen Mengenang Jasa dan Do'a Ulama

Kendal - Ziarah kubur merupakan salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat islam di jawa. Ziarah Kubur adalah tradisi yang sudah sangat tua. tradisi ziarah kubur itu berpijak pada keyakinan untuk memberikan penghormatan terhadap leluhur atau nenek moyang.

Pada hari tertentu, umat Islam menyempatkan diri untuk berziarah kubur tidak hanya bersilaturahmi saja dengan kerabat yang masih hidup, tetapi juga dengan yang telah meninggal dunia.

Seperti halnya pada Hari santri 22 Oktober 2021, Santri TPQ Darul Falah desa Tamangede Gemuh Kab. Kendal bersama para ustadz dan peserta KKN RDR 77 Kelompok 1 diarahkan ziarah kubur di tokoh agama yang dulunya pernah berjuang meningkatkan pendidikan santri di TPQ setempat.

Ketika berziarah, mereka akan berdoa untuk orang tua maupun kerabat yang sudah meninggal dunia dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan semasa hidupnya, dan meminta agar mereka yang sudah meninggal dunia akan diterima amal baiknya.

Hukum ziarah kubur bagi muslim

Menurut Sesepuh agama desa Tamangede Ky. Wahyu, ziarah kubur adalah amalan yang dianjurkan bagi muslim.

"Ziarah kubur itu dianjurkan karena mendoakan kepada yang mati dan bisa mengingatkan yang hidup akan kematian," kata Ky. Wahyu.

Ky. Wahyu mengatakan, Nabi Muhammad SAW bersabda kepada umatnya untuk memperbanyak mengingat hal yang meninggalkan kelezatan, yaitu kematian.

"Rasul juga bersabda 'Saya dulu pernah melarang ziarah kubur, sekarang silakan ziarah kubur'. Itu dari Rasulullah SAW," lanjut ky. Wahyu ketika memberikan tausiah pada upacara Hari Santri. 

Hari Santri menjadi momen yang cocok bagi para santri untuk mengenang tokoh Ulama. Jasa para ulama dan santri tidak lepas dari perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, ziarah kubur juga merupakan bentuk bakti anak kepada orang tua yang sudah meninggal. Karena bagi orang yang sudah meninggal orangtuanya, di antara berbaktinya adalah dengan ziarah kubur. 


Penulis  : Faidlul In'am

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama