Exsdee.com - Pernahkah kalian menjumpai seseorang mengeluarkan suara lucu setelah menghirup balon? Mengubah suara menjadi lucu dengan menghirup balon sering kali dimanfaatkan orang sebagai kebutuhan hiburan, seperti acara tv atau acara-acara sulap

Tapi... Tahukah kalian penyebab suara lucu tersebut?

Sesuatu yang terdapat dalam balon yang mengubah suara menjadi lucu sebenarnya adalah gas Helium. 

Helium merupakan unsur kimia bersifat gas yang masuk dalam golongan gas mulia dalam tabel periodik unsur, gas tersebut tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun. 

Biasanya gas helium digunakan untuk mengisi udara pada balon udara. Karena sifat gas helium yang memiliki massa jenis kecil yang hanya sebesar 0,2 g/L, berbeda dengan massa udara normal yang memiliki massa jenis  1,2 g/L sehingga helium lebih mudah untuk menerbangkan balon

Lalu... apa hubungannya Helium dengan suara cempreng?

Sebelum menuju ke inti jawaban, perlu diketahui bahwa di dalam tenggorokan manusia terdapat pita suara. 

Pita suara tersebutlah yang menyebabkan kita dapat mengeluarkan suara yang berbeda-beda yang ditimbulkan dari dorongan udara yang keluar melewati pita suara. Dorongan udara tersebut membuat pita suara bergetar, per getaran pita suara menimbulkan bunyi. 

Ketika seseorang menghirup gas helium ke dalam paru-parunya, maka gas helium itulah yang menjadi penggetar pita suaranya ketika ia berbicara.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Udara normal memiliki massa jenis 1,2 g/L sedangkan massa jenis helium sebesar 0,2 g/L. 

Berdasarkan data tersebut, tampak bahwa massa jenis gas helium adalah 6x lipat lebih kecil daripada massa jenis udara normal atau dengan kata lain, gas helium 6x lipat lebih ringan daripada udara normal

Karena terlalu ringan gas helium dapat terdorong oleh rongga dada secara cepat, hal ini mengakibatkan pita suara bergetar lebih cepat daripada biasanya. Getaran yang lebih cepat akan menghasilkan nada suara yang lebih tinggi, Nada tinggi cenderung terdengar lebih lucu sehingga terkesan lucu. 
Baca Juga