Exsdee.com - Pernahkah kalian memperhatikan bagaimana cara ayam berjalan? ada sedikit keunikan dari gerak-gerik ayam yang tidak kalian temukan pada hewan lain, bahkan dari kawanan unggas, Keunikan apa itu? 

Jawabannya... Ayam akan selalu menggerakkan lehernya saat berjalan.

Lah... Kenapa bisa begitu? Diketahui ayam ternyata memiliki beberapa hal unik, salah satunya yang akan kita bahas yaitu keseimbangan ayam. 

Secara alamiah, seekor ayam ternyata memiliki kendali keseimbangan yang sangat hebat. Pengindraan ayam dapat bergerak selayaknya suatu sistem sensor giroskop seperti yang ada pada manusia. 

Nah... Sistem sensor giroskop ayam kebetulan terletak pada leher ayam sedangkan giroskop manusia terletak pada kedua telinga.

Apa itu giroskop? 

Giroskop merupakan suatu perangkat yang memilki fungsi untuk mempertahankan orientasi yang berlandasan pada prinsip-prinsip momentum sudut.

Karena itu setiap ayam berjalan pasti kepalanya akan bergerak maju mundur karena fungsi dari leher ayam sebagai penyeimbang saat mereka berjalan.

Penelitian leher ayam pernah dilakukan dan menjadi gagasan dasar penggunaan teknologi dalam pemprosesan gerakan suatu kendaraan. 

Salah satu pembuat kendaraan papan atas di Jerman, melakukannya dengan alat Inertial Measurement Unit (IMU) yang dapat melacak gerakan-gerakan tiga sumbu X, Y, dan Z, dan melakukan langkah-langkah kompensasi gerakan.

Dalam keterangan yang didapat dari unggahan ke YouTube oleh akun James Lockhart disebutkan bahwa ayam memiliki jenis mekanisme yang sama, tapi dengan kecepatan proses yang lebih tinggi.

Lalu apa yang terjadi jika leher ayam ditahan agar tidak bergerak?

Percobaan ini pernah dilakukan, lehernya Ayam ditahan dengan Styrofoam layaknya manusia yang di gips, lalu ayam tersebut dibiarkan lepas. 

Dan yang terjadi?

Kepala ayam tersebut akan jatuh dan langkah ayam akan terhuyung-huyung seperti kehilangan keseimbangan. Begitu juga dengan manusia, ketika lehernya ditekan akan kehilangan keseimbangan bahkan susah untuk menggerakkan tubuh. 
Baca Juga