Exsdee - Hipnotis mulai sering dimanfaatkan untuk keperluan hiburan dan pengobatan, namun ada pula orang yang memanfaatkan konsep hipnotis untuk keperluan kriminal menipu seseorang. Pengakuan korban aksi kriminal, kejadian hipnotis berjalan dengan cepat dan setelah sadar harta sudah raib. akhirnya, banyak orang yang menganggap hipnotis adalah sebuah sihir yang dapat menghilangkan akal.

Tahukah kalian bagaimana konsep hipnosis itu?

Sebelum membahas apa itu hipnotis, perlu diketahui bahwa Hipnotis dengan Hipnosis itu berbeda! Hipnotis adalah Orang yang melakukan proses hipnosis (memberikan sugesti) terhadap subjek sedangkan Hipnosis adalah suatu kondisi mental atau diberlakukannya peran imajinatif.


Istilah hipnosis pertama kali dicetuskan oleh James Braid pada tahun 1843, definisi hipnosis sendiri sangat beragam, sendangkan menurut KBBI:

“Hipnosis adalah keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali”

Hipnosis biasanya disebabkan oleh prosedur yang dikenal sebagai induksi hipnosis, yang umumnya terdiri dari rangkaian panjang instruksi awal dan sugesti. Sugesti hipnosis dapat disampaikan oleh seorang hipnotis di hadapan subjek, atau mungkin dilakukan sendiri oleh subjek (Self-hipnosis).

__Proses hipnotis__
Syarat hipnosis:
-    klien/subjek (orang yang di hipnosis), harus bersedia, tidak menolak untuk di hipnosis.
-    menggunakan bahasa yang di mengerti oleh subjek.
-    hipnotis (orang yang menghipnosis) harus percaya diri.

Proses:
  • Pertama, membawa kesadaran seseorang ke posisi setengah sadar memasuki alam bawah sadar pasien.
  • ke dua, dilakukan pendalaman, tujuanya agar klien lebih rilek, memasuki alam bawah sadarnya lebih dalam lagi, dan membuat kondisi klien sangat fokus.
  • ke tiga, diberikan sugesti yang sesuai tujuan.
  • langkah terakhir adalah mengakhiri hipnotis, dan membawa klien ke posisi sadar dengan sugesti tertentu.
Jadi proses hipnosis terjadi bukan semata-mata cukup disentuh langsung tidak sadar, tapi si hipnotis harus memberikan sugesti dan subjek harus mendengarkan apa yang diucapkan si hipnotis. 


Lalu, apa yang akan terjadi jika subjek tidak mengerti atau pendengaran orang yang di hipnotis terganggu? Maka alam bawah sadar subjek tidak akan menangkap sugesti hipnotis sehingga hipnosisnya gagal. Soo.. Hipnotis/hipnosis dengan sihir itu dua hal yang berbeda, ingat itu!