Penilaian Dokter Tentang Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Siwak
Exsdee.com | Dahulu sebelum ditemukannya sikat gigi manusia menggunakan alat alami untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, salah satunya adalah menggunakan kayu miswak. 

Berdasarkan penelitian studi dental jurnal 1999 yang diterbitkan oleh King Saudi University menyebutkan bahwa Siwak atau miswak telah digunakan oleh orang Babylonia sejak lebih dari 7000 tahun yang lalu. Menurut orang-orang terdahulu ada semacam khasiat dari kayu miswak untuk menjaga kebersihan mulut.


Miswak merupakan kayu berbentuk batang  yang diambil dari akar atau pun ranting segar tanaman arak (Salvadora Persica). Dikutip dari Wikipedia, penjelasan mengenai pohon arak adalah pohon kecil seperti belukar dengan batang bercabang, biasanya memiliki diameter sekitar satu kaki, jika kulitnya dikupas warnanya agak keputihan dan memiliki banyak jutaan serat-serat tipis, akarnya berwarna coklat dan bagian dalamnya berwarna putih, sedangkan aromanya seperti seledri dan katanya rasanya sedikit pedas.

Menurut Nada Ismah, seorang dokter spesialis ortodontis mengatakan “Di dalam miswak terdapat sedikitnya 19 zat alami seperti Florin, antiseptik, Chloride, essential oil, dsb.”

Beberapa manfaat dari zat-zat aktif untuk kesehatan mulut dan gigi yaitu:
  1. Trimethylamine dan vitamin C, membantu dalam menyembuhkan dan perbaikan gusi
  2. Chloride bermanfaat menghilangkan plak atau noda gigi
  3. Florin berguna untuk mencegah karies dan zat asam yang dihasilkan oleh bakteri
  4. Anti bacterial acids, untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi, dan menghentikan pendarahan pada gusi
ADA atau Anti Densy Agent ( zat anti pembusukan) dapat merangsang produksi saliva yang merupakan pelindung organik mulut dan pembersih mulut

Sedangkan menurut Aziz al-Mubarok salah satu tim dari penelitian King Saud University mengatakan  bahwa proses mengunyah Miswak secara beraturan juga dapat menghasilkan silica yang berfungsi membersihkan dan memutihkan gigi. 

“Miswak pun telah dilakukan di banyak negara, seperti jepang hingga arab. Hal ini membuktikan bahwa kayu miswak aman digunakan “ jelas dokter Nada Ismah 

Bahkan WHO (organisasi kesehatan dunia) mengakui miswak menjadi alat pembersih mulut yang alami dan turut menjadikan kayu miswak ke dalam komoditas kesehatan yang perlu dipelihara dan dibudidayakan.

Untuk cara penggunaan kayu miswak dalam kesehatan mulut biasanya dengan menggosokkan kayu miswak yang sudah dikupas kulit luarnya, ke mulut seperti menggunakan sikat gigi pada umumnya, atau dapat juga dengan merebus kayu miswak lalu gunakan air rebusan untuk berkumur.




Sumber:
https://www.grid.id/read/04706966/manfaat-siwak-sebagai-pembersih-gigi-untuk-kesehatan-mulut-sejak-zaman-nabi
https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/diet-dan-gaya-hidup/mengenal-siwak-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-gigi-serta-mulut.html
https://www.alodokter.com/mengenal-siwak-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-gigi-dan-mulut

Tidak ada komentar untuk "Penilaian Dokter Tentang Siwak Untuk Kesehatan Gigi"