Exsdee.com - Semut merupakan serangga sosial dengan julukan superorganism, karena anggota koloni yang mereka bentuk dapat mencapai ribuan.

Semut dapat hidup di berbagai medan dan tentu saja kalian dapat dengan mudah menemukan serangga yang satu ini disekitar kalian.

Bicara tentang semut… pernah tidak kalian memperhatikan kebiasaan semut selalu bertabrakan saat berpapasan?  Apa yang sebenarnya mereka lakukan? Karena hampir semua semut melakukan itu Ketika bertemu. Menurut para ahli ada beberapa kemungkinan  yang dapat menjadi jawaban perilaku aneh semut ini:

1. Komunikasi

Semut merupakan hewan yang hidup di dalam kegelapan, jadi  dia tidak dapat melihat. Karena itu semut berinteraksi dengan memanfaatkan antena di kepalanya. Cara semut berkomunikasi dengan menggesek kan antena satu sama lain. 

Menurut Ilmuwan di Stanford University, Ketika semut berkomunikasi mereka dapat bertukar informasi tentang identitas kasta (pekerja, tantara, ratu),  musuh atau bukan , ketersediaan makanan, jumlah semut yang akan membawa makanan, dan informasi perintah dari ratu. 

2. Mendeteksi bahaya

Karena penglihatan semut sangat buruk, semut memanfaatkan penciuman mereka untuk saling mengenali anggota koloni. Caranya dengan mengeluarkan bahan kimia dari bagian tubuh luar mereka atau exoskeleton. Jika bagian dari koloni maka semut akan bertukar informasi, sebaliknya jika bertemu dengan koloni yang berbeda keduanya akan mundur dan menyelamatkan diri.

3. Berbagi makanan

Para ilmuwan juga menemukan perilaku lain semut yang mereka sebut “Trophallaxis”. Trophallaxis merupakan kegiatan semut saat mentransfer makanan dari satu semut ke semut yang lain dalam satu koloni. Prosesnya bisa dari mulut ke mulut atau dari anus ke mulut.

Hal ini biasanya dilakukan ketika mereka merasa lapar atau untuk berbagi dari semut pekerja ke semut kasta lain. Semut yang memiliki cadangan makanan yang banyak akan berbagi dengan semut yang membutuhkan makanan.


Baca Juga