Bagaimana Terjadinya Ombak di Lautan?

ombak besar
ombak besar

Exsdee.com | Selancar merupakan salah satu olahraga air yang banyak diminati banyak orang ketika liburan di pantai Indonesia baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selancar dimainkan dengan cara berdiri di atas papan yang nantinya papan akan di didorong ombak dari tengah laut menuju pantai, semakin besar ombak pendorong semakin seru pula surfing dimainkan.

Bicara mengenai ombak, pernah tidak sih terbesit dari mana asal ombak tersebut? jika kalian amati, laut pasti memiliki ombak yang selalu bergerak mendekati pantai, dan semakin ke tengah semakin besar pula ombaknya.

Akankah di tengah samudra ada yang memproduksi ombak? Haha

Begini penjelasannya… Ombak yang biasa dilihat di permukaan pada dasarnya disebabkan oleh hembusan angin yang melintas dan mendorong permukaan laut sehingga terjadi Gerakan.

Perlu diketahui bahwa air tidak bergerak dalam gelombang, gelombang menghantarkan energi, bukan air. Gelombang ombak menyebar ke seluruh wilayah lautan.

Mungkin kalian kurang puas dan mulai bertanya… "Kenapa udara bergerak di atas air bisa mengangkat air setinggi 1meter bahkan lebih?"

Meskipun udara sangat ringan tapi udara tetap memiliki massa, karena itu udara memiliki tekanan sehingga dapat menekan air yang ada di lapisan bawahnya, pengaruh gravitasi bumi juga turut andil dalam tekanan ini. 

proses terjadinya ombak
proses terjadinya ombak

Ada pula penyebab terjadinya ombak selain angin, di antaranya Gunung Meletus, gempa bumi, pasang naik pasang surut dari pengaruh gravitasi bulan/matahari, dan cuaca buruk seperti badai.

Seperti yang dijelaskan diatas. Besarnya ukuran gelombang tergantung dari seberapa kecepatan dan durasi angin dalam memberikan tekanan air. Gelombang besar dapat berpotensi merusak biasanya disebut tsunami.

Jenis gelombang merusak biasanya muncul di tengah Samudra dimana terbentang lautan luas namun tidak menutup kemungkinan dapat mencapai pantai jika durasinya lama. Sedangkan jenis gelombang paling kecil adalah riak air.

Jika kalian ingin mempelajari tentang lautan dan ombak, dalam dunia sains pergerakan ombak masuk kategori bidang Oseanografi.


Sumber:
https://oceanservice.noaa.gov/facts/wavesinocean.html
https://www.whoi.edu/know-your-ocean/did-you-know/what-causes-ocean-waves/
https://id.quora.com/Bagaimana-ombak-bisa-terbentuk-di-lautan

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Terjadinya Ombak di Lautan?"