Kenapa Area Intim Lebih Gelap Dari Warna Asli Kulit?


Exsdee.com - Mungkin kalian pernah bertanya tanya kenapa area kemaluan tidak bisa secerah area kulit yang lain. Gelapnya organ intim bukan selalu tanda sebuah penyakit karena umumnya hal ini wajar terjadi baik pria maupun Wanita. Jadi tidak perlu khawatir karena itu normal.

Perubahan warna kulit di area intim terjadi akibat Hiperpigmentasi pada fase pubertas yang seharusnya muncul secara perlahan. Artinya jika tanda ini terjadi secara mendadak hal itu mungkin saja disebabkan oleh penyakit.

Seseorang ketika masih anak-anak memiliki Pigmentasi yang lebih terang setelah memasuki masa pubertas kadar hormon testosteron dan estrogen akan meningkat. Hormone seks tersebut mengatur aktivitas Melanosit yang bertanggung jawab memproduksi melanin. Melanin adalah sebuah pigmen protein yang memberikan warna pada rambut dan kulit. kondisi itu berpengaruh pada pigmen di sekitar area tertentu dan mengubahnya menjadi gelap dibarengi dengan munculnya rambut tebal. 

Karena Pigmentasi setiap orang berbeda beda. warna kulit asli mempengaruhi seberapa gelap perubahan dari Hiperpigmentasi. Bagi seorang kulit putih, efek Hiperpigmentasi tampak pucat. Sementara bagi seorang kulit gelap akan berwarna gelap cenderung kecokelatan. 

Tidak ada cara mengembalikan warna gelap efek Hiperpigmentasi tersebut. Mereka akan tetap berwarna serupa atau lebih gelap lagi seiring bertambah usia. Letak Hiperpigmentasi bukan pada area intim saja, bagian tubuh mana pun dapat terjadi contohnya seperti ketiak, putting, garis perut ibu hamil, dan leher.

Selain factor internal ada pula factor eksternal yang ikut berperan terjadinya perubahan kulit di area kemaluan. Terlalu sering terjadi gesekan pada kulit juga mempengaruhi Pigmentasi. ketika mengalami gesekan, kulit secara alami akan menebal sel-sel terluar kulit menjadi matang sebagai usaha melindungi diri.

Namun jika perubahan terjadi secara tidak wajar seperti mendadak kulit lebih gelap dengan cepat bisa jadi indikasi masalah Kesehatan. menurut para ilmuwan, warna lebih gelap pada area organ intim juga bisa menjadi tanda kadar gula dalam darah tinggi. Sebaiknya sesegera mungkin konsultasi ke dokter.

Meskipun kejadian ini merupakan hal yang normal. namun jika perubahan kulit di area kemaluan menjadikan rasa kurang percaya diri, sebaiknya hindari terjadinya gesekan terus menerus dan hindari obat yang dapat meningkatkan hormon pemicu Hiperpigmentasi seperti Pil KB. 

Tidak ada komentar untuk "Kenapa Area Intim Lebih Gelap Dari Warna Asli Kulit?"