Paus Orca, Puncak Rantai Makanan Laut Yang Paling Ditakuti Hiu

orca dan hiu putih
orca dan hiu putih
Exsdee.com | Paus orca atau sering dijuluki paus pembunuh merupakan mamalia laut dari salah satu spesies lumba-lumba. Orang sering menyebutnya paus karena secara fisik paus orca memiliki tubuh yang jauh lebih besar dari lumba-lumba pada jenis lain.

Penampilan fisik paus orca memiliki warna hitam dan putih yang khas, sedangkan ukuran tubuh paus orca jantan dapat mencapai sembilan meter dengan bobot sekitar 6 ton, dan yang membuat paus ini mudah dikenali yaitu dengan sirip dorsalnya ketika muncul di permukaan air. Paus ini hidup dalam kelompok (pod) dan makanan paus orca merupakan ikan, anjing laut, bahkan hiu putih. 

Hiu putih sering kali digambarkan dalam film-film sebagai hewan yang terkenal sangat ganas dengan gigi yang tajam dan bertubuh besar, bahkan sangat ditakuti hewan laut maupun manusia. Meski tidak banyak kasus di dunia nyata tentang korban mangsa hiu putih namun banyak yang beranggapan bahwa hiu putih merupakan puncak rantai makanan di lautan. Akan tetapi, persepsi tersebut terpatah oleh salah satu spesies lumba-lumba ini. 

Sebenarnya hiu sangat takut dengan paus orca, sekelompok paus orca dapat menghabisi hiu putih besar. dilansir dari situs siencealert.com terdapat lebih dari 7 ekor hiu besar mati terdampar di Gansbaai, beberapa di antaranya terdapat bekas ciri khas luka yang di sebabkan paus orca.

Bahkan di situs yang sama ada riset yang mengatakan bahwa hiu putih sangat takut dengan paus orca, andaikan hiu putih bertemu dengan paus ini, hiu tersebut akan lari dan tidak akan kembali ke tempat itu selama berminggu-minggu.

Julukan paus pembunuh memang bukan sekedar nama, tubuh besarnya dan kehidupan berkelompok (pod) membuat paus orca sangat mudah untuk berburu mangsa meskipun ikan yang lebih besar sekalipun.

Paus orca dapat ditemukan di perairan mana pun, kekuatan daya tahan paus orca yang terbilang sangat baik dapat menyesuaikan keadaan dengan berbagai suhu mulai dari kawasan bersuhu dingin seperti dinginnya arktik atau pun kawasan bersuhu hangat layaknya antartika.



Sumber:
https://darilaut.id/berita/hiu-putih-takluk-pada-paus-orca-ini-predator-teratas-di-lautan
https://www.quora.com/Is-it-true-that-there-is-nothing-above-orcas-in-the-food-chain
https://www.forbes.com/sites/melissacristinamarquez/2022/07/20/its-official-great-white-sharks-are-scared-of-south-african-orcas/?sh=3d7f6f611779
https://www.sciencealert.com/two-orcas-are-scaring-great-white-sharks-away-from-one-of-their-biggest-hunting-grounds

1 komentar untuk "Paus Orca, Puncak Rantai Makanan Laut Yang Paling Ditakuti Hiu"

  1. Padahal hiu putih terlihat ganas tp takut sama paus. Keren sih

    BalasHapus

Posting Komentar