Paus Orca, Raja Predator Laut Yang Ditakuti Hiu

Share:

Exsdee - Paus orca atau sering dijuluki paus pembunuh merupakan mamalia laut dari salah satu spesies lumba-lumba. Orang sering menyebutnya paus karena secara fisik paus orca memiliki tubuh yang jauh lebih besar dari lumba-lumba pada jenis lain, paus ini hidup dalam kelompok (pod).

Penampilan fisik paus orca memiliki warna hitam dan putih yang khas, sedangkan ukuran tubuh paus orca jantan dapat mencapai 9 meter dengan bobot sekitar 6 ton, dan yang membuat paus ini mudah dikenali yaitu denga sirip dorsalnya ketika muncul dipermukaan air. Makanan paus orca merupakan ikan, anjing laut, bahkan hiu putih.

Hiu putih yang terkenal sangat ganas dengan gigi yang tajam dan bertubuh besar sangat ditakuti hewan laut maupun manusia, tidak sedikit kasus mengenai hiu putih yang telah memakan korban sehingga ada yang beranggapan bahwa hiu putih merupakan puncak rantai makanan di lautan. Akan tetapi, persepsi tesebut terpatahkan oleh salah satu spesies lumba-lumba ini.


Pada 4 Oktober 1997 di lepas pantai California, Amerika Serikat, sekelompok pengamat paus yang sedang bepergian di Pulau Farallon telah mengabadikan momen unik mengenai paus orca yang menyerang hiu putih dewasa dan kemudian memakan hiu tersebut.

Bahkan ada riset yang mengatakan bahwa hiu putih sangat takut dengan paus orca, seandainya hiu putih bertemu dengan paus ini, hiu tersebut akan lari dan tidak akan kembali ke tempat itu selama berminggu-minggu.

Julukan paus pembunuh memang bukan sekedar nama, tubuh besarnya dan kehidupan berkelompok (pod) membuat paus orca sangat mudah untuk berburu mangsa meskipun ikan yang lebih besar sekalipun.

Paus orca dapat ditemukan di perairan manapun, kekuatan daya tahan paus orca yang terbilalng sangat baik dapat menyesuaikan keadaan dengan berbagai suhu mulai dari kawasan bersuhu dingin seperti dinginnya arktik ataupun kawasan bersuhu hangat layaknya antartika.
____________________
https://id.wikipedia.org/wiki/Paus_pembunuh

Tidak ada komentar