Fitoplankton, Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi

plankton
plankton 

Exsdee.com | 
Sebagai makhluk hidup kita sangat membutuhkan oksigen untuk bernapas, oleh sebab itu pohon sangat berjasa karena telah menyediakan oksigen bagi seluruh makhluk hidup secara gratis. Tetapi, tahukah kalian bahwa pohon hanya memiliki peran dalam hal menghasilkan oksigen sebesar 20% saja?

Yups benar sekali, seluruh pohon yang hidup hanya berada pada urutan kedua sebagai penyumbang oksigen terbesar di bumi setelah organisme bernama plankton. Oksigen yang tersebar di seluruh bumi sebagian besar diproduksi oleh plankton khususnya Fitoplankton, yaitu 80% dari keseluruhan.

Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi untuk memungkinkannya terus hidup. Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka.

Nama Fitoplankton diambil dari istilah Yunani, Phyto atau "tanaman" dan πλαγκτος ("Planktos"), berarti "pengembara" atau "penghanyut" Sebagian besar Fitoplankton berukuran terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi, ketika berada dalam jumlah yang besar mereka dapat mengubah warna permukaan laut.

Ukuran plankton sangat kecil hanya beberapa micrometer saja, meskipun termasuk sejenis makhluk hidup namun plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya, sebab itu plankton juga disebut organisme hanyut.

Fitoplankton adalah plankton jenis tumbuhan berupa makhluk hidup yang melayang-layang di permukaan laut. Seperti kebanyakan tanaman, Fitoplankton mendapatkan energi melalui proses fotosintetis yang mengharuskan mereka terus mendapatkan cahaya, mereka harus berada di zona euphotic (daerah permukaan laut) untuk selalu mendapat energi. 

Melalui fotosintesis, Fitoplankton menghasilkan banyak oksigen yang memenuhi atmosfer Bumi Setiap harinya, lebih dari 100 juta ton karbon dioksida (CO) di atmosfer diambil dan digunakan oleh Fitoplankton CO tersebut bersama dengan air (H₂O) akan dikonversikan menjadi oksigen (O) dan karbon organik. Sebaliknya Sebanyak 80% atau 110 miliar ton oksigen akan dilepaskan setiap tahunnya untuk kita nikmati sekarang.

Nah, itu sebabnya penting sekali untuk jaga kebersihan laut di mana tempat bernaungnya Fitoplankton karena sebagian hidup kita tidak lepas dari jasa mereka yang hidup di laut. So... mulai sayangi alam.



Sumber:
https://www.nationalgeographic.org/activity/save-the-plankton-breathe-freely/
https://www.whoi.edu/know-your-ocean/did-you-know/does-the-ocean-produce-oxygen/

Tidak ada komentar untuk "Fitoplankton, Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi"