Merasa Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Penyebabnya!

biji kopi dan secangkir kopi
biji kopi dan secangkir kopi

Exsdee.com | Kopi merupakan minuman yang digemari banyak orang, tak jarang orang akan memesan kopi sebagai teman nongkrong. Namun, pada Sebagian orang dapat memicu keluhan sakit perut setelah meminum secangkir kopi?

Apa yang menyebabkan perut terasa sakit setelah minum kopi?

Kopi menjadi minuman pilihan orang yang biasanya untuk menghilangkan rasa kantuk. Alasan kopi dapat menghilangkan rasa kantuk karena terdapat senyawa kafein di dalam kopi. 

Kafein ialah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan memiliki rasa pahit yang bekerja sebagai stimulant alami yang sering ditemukan pada tanaman kopi dan teh. 

Dalam segelas kopi (240 ml), terdapat kandungan kafein sekitar 95 mg. kafein yang terkandung dalam kopi inilah yang menstimulus keaktifan otot perut serta usus besar sehingga memunculkan rasa mulas dan ingin BAB setelah meminumnya.

Di samping itu, kopi juga mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan pembuatan asam lambung. jenis asam tersebut akan membuat lebih cepat turunnya pH asam lambung, sekaligus mempercepat pergerakan dorongan makanan dari lambung ke usus. Alhasil, Anda pun akan merasa mulas dan ingin BAB setelah mengonsumsi kopi. 

Hal tersebut dapat terjadi karena kafein dapat merangsang sistem saraf pusat, yaitu sumsum tulang belakang dan otak. Saraf vagus yang mengontrol jantung dan saluran pencernaan menghubungkan sistem saraf pusat ke saluran pencernaan. 

Selain itu, kafein juga mengandung agen yang dapat merangsang usus (teofilin dan xanthine). 

Keduanya berperan untuk menimbulkan kontraksi yang disebut peristaltik. Partikel ini akan bergerak di dalam usus dan membuat feses terdorong mendekati rektum.

Terlebih lagi kopi secara alami memiliki pH sekitar 5, dan semakin rendah pH kopi maka semakin asam sifatnya. Sebagai perbandingan, air mineral itu memiliki pH 7 sedangkan lemon memiliki pH 2,5.

Efek ini bahkan bisa terasa lebih parah apabila Anda mengidap penyakit Maag dan GERD. Maka dari itu, orang dengan gangguan asam lambung sebaiknya hindari mengonsumsi kopi.

Jika Anda merasakan gangguan pencernaan yang berlebih setelah minum kopi, lebih baik segera konsultasi kepada dokter.




Sumber:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/pencernaan/ingin-bab-setelah-minum-kopi-ini-penyebab-dan-solusinya
https://www.klikdokter.com/info-sehat/pencernaan/perut-mulas-usai-minum-kopi-normalkah
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/perut-melilit-tanpa-ada-gejala-lain-spt-pusing-demam-dll-
https://hellosehat.com/pencernaan/pencernaan-lainnya/perut-perih-setelah-minum-kopi/

Tidak ada komentar untuk "Merasa Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Penyebabnya!"