Ternyata Nyamuk Memakan Nektar Bukannya Darah!

siluet nyamuk
siluet nyamuk

Exsdee.com | Nyamuk merupakan serangga yang masuk ordo Diptera dengan penyebaran spesies yang terbilang cukup besar. 

Meskipun nyamuk Indonesia terlihat sama saja tetapi hewan ini memiliki banyak spesies, tercatat ada lebih dari 3400 spesies nyamuk yang tersebar di dunia ini.

Nama Mosquito atau nyamuk diambil dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol yang memiliki arti "lalat kecil". Di mana pun tempatnya hewan kecil ini selalu dianggap sebagai makhluk pengganggu yang membawa malapetaka.

Pasalnya, banyak kasus yang disebabkan gigitan nyamuk dapat menimbulkan penyakit yang cukup parah bahkan sampai kematian.

Karena itu kebanyakan siklus hidup nyamuk terpotong sebelum saatnya oleh tangan manusia karena mengganggu kenyamanan dengan menghisap darah manusia.

Bicara tentang nyamuk yang sering menghisap darah, ternyata telah diketahui bahwa makanan utama nyamuk bukanlah sebuah darah melainkan Nektar! Nektar merupakan sebuah cairan manis yang disintesiskan oleh bunga tanaman.

Hanya nyamuk betinalah yang menghisap darah, tujuan nyamuk betina menghisap darah bukan untuk suplai makanan  melainkan untuk mendapatkan protein yang terkandung dalam darah sebagai perkembangan dan pertumbuhan telur mereka.

So, mulai sekarang tanamkanlah fakta bahwa makanan nyamuk bukanlah darah melainkan nektar manis bunga.



Sumber:
https://id.quora.com/Mengapa-nyamuk-harus-mencari-darah-walaupun-makanan-utamanya-nektar
https://mosquitoreviews.com/learn/what-mosquitoes-eat/
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1471492220300404

Tidak ada komentar untuk "Ternyata Nyamuk Memakan Nektar Bukannya Darah!"