Beginikah Proses Terjadinya Petir?

badai petir
badai petir
Exsdee.com | Petir merupakan kembang api raksasa yang biasanya muncul saat turun hujan disertai awan tebal dan menimbulkan suara yang menggelegar. Bahkan petir dapat merusak sistem kehidupan jika bersentuhan langsung.

Bagaimana petir bisa muncul?


Saat proses terjadinya petir, Ada ion bebas yang berkumpul di dalam awan yang memiliki muatan positif dan negatif, sedangkan permukaan bumi bermuatan netral.

Adanya perbedaan potensial antara bumi dan awan inilah akan timbul petir. Di dalam awan, ion bebas yang memiliki muatan negatif dan muatan positif berkumpul.

Perlu diketahui bahwa awan bergerak melalui tiupan angin, gerakan awan tersebut akan menimbulkan gesekan.

Sebab gesekan itulah nantinya akan terjadi ionisasi yang disebabkan titik-titik air berubah menjadi gas akibat proses penguapan atau bisa juga sebaliknya.

Karena awan terus bergerak dengan bantuan angin, awan yang bermuatan positif akan mengumpul dengan awan muatan positif lainnya.

Muatan positif di awan bisa saja berada di bagian atas atau bagian bawah awan, begitu pun sebaliknya jika muatan positif posisinya berada di atas, maka muatan negatif berada di bagian bawah awan.

Pada saat terjadi beda potensial yang tinggi antara awan dengan bumi, maka awan akan melepaskan muatan negatifnya agar terjadi kesetimbangan muatan. Elektron yang meloncat kebumi itulah disebut petir.

Namun ada juga petir yang dapat melompat dari awan ke awan (intercloud), di mana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.



Sumber:
https://scijinks.gov/lightning/
https://www.weather.gov/safety/lightning-science-overview
https://www.nationalgeographic.com/environment/article/lightning

8 komentar untuk "Beginikah Proses Terjadinya Petir?"

  1. Mantap artikelnya sob. Mengingatkan saya materi tentang terjadinya petir ketika belajar Fisika di SMP

    BalasHapus
  2. Wah petir pun ada penjelasan ilmiah nya yah :D

    BalasHapus
  3. Oww jadi begitu proses terjadinya petir nice lah buat artikel ini

    BalasHapus
  4. Oalah jadi gini?? Artikelnya sangat bermanfaat bro makasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar