Exsdee - Pistol adalah senjata api yang dapat meluncurkan peluru dengan kecepatan yang luar biasa, seiring majunya zaman dan perkembangan teknologi berbagai jenis evolusi dari pistol yang telah dikembangkan, salah satunya adalah Revolver.

Kalian tahu pistol jenis Revolver? Pistol Revolver merupakan pistol kuno dengan silinder yang dapat bergulir sehingga peluru tidak perlu diisi satu persatu, biasanya dalam satu silinder memiliki 6 peluru.

Tahukah kalian siapa yang telah menciptakan Revolver ini? ia adalah Samuel Colt.

Samuel Colt adalah seorang penemu Amerika dan industrialis dari Hartford. Ia menjadi terkenal karena menciptakan pistol dengan silinder bergulir yang ia namakan Revolver.

Biografi Samuel Colt

Samuel Colt adalah anak dari Christopher Colt (1777-1850) seorang petani yang telah menjadi pengusaha dan Ibu kandungnya bernama Sarah Colt, ia lahir di Hartford, Connecticut pada 19 Juli 1814 memiliki 2 saudara perempuan dan 1 ibu tiri bernama Olivia Sargeant.

Samuel Colt sangat minat dalam ilmu pengetahuan dan hal-hal yang berhubungan dengan mesiu. Sebelum dikenal menjadi penemu Revolver, Colt memulai kariernya dengan bekerja di peternakan dan di pabrik pemutihan dan pencelupan milik ayahnya dan akhirnya menjadi seorang pelaut di tahun 1830.

Dari pekerjaan pelaut inilah ide rancangan revolver muncul, berawal dari melihat cara kerja roda kapal yang telah mengilhami desain pistol Colt.

Pada tahun 1832, Colt meminta ayahnya untuk membiayai pembuatan senjata dengan silinder bergulir, tapi biaya tersebut jelas kurang untuk penemuannya. Akhirnya ia melakukan perjalanan dan mengajar orang-orang tentang efek oksida nitrat, dengan itu dia mendapat cukup uang untuk menyewa ahli untuk membuat model pistol berdasarkan ide-idenya.

Colt mematenkan “pistol bergulir” di Inggris dan Perancis pada tahun 1835 dan di Amerika Serikat pada tahun 1836 berjuang keras dalam mempertahankan patennya.


Pada tahun 1847, pistol revolver sudah terkenal bahkan angkatan darat Amerika Serikat memesan 1.000 pistol yang didesain oleh Colt. Dia memperoleh cukup uang dari penjualan pistol tersebut untuk membangun pabrik, yang merupakan salah satu pabrik pertama yang menggunakan metode jalur perakitan untuk produksi.

Samuel Colt  meninggal pada tanggal 10 Januari 1862, perusahaannya masih terus membuat pistol selama bertahun-tahun sesudahnya membuat pewarisnya menjadi orang kaya.

Meskipun revolver dalam dunia modern saat ini menjadi pistol yang tertinggal zaman akan tetapi pistol ini dijadikan acuan untuk membuat rancangan pistol-pistol modern saat ini.

Bahkan karena kehandalannya, desain pistol legendaris tipe Colt 1911 tak pernah berubah sejak dirancang pada tahun 1911 hingga kini dan menjadi pistol standar tentara AS pada Perang Dunia.