Penjelasan Ilmiah Ikan Beku Dapat Hidup Kembali

ikan dalam es
ikan dalam es

Exsdee.com | Pada sekitar tahun 2016 ramai beredar sebuah video di Youtube dengan judul “Frozen fish comes alive” yang memperlihatkan bahwa sebuah ikan yang sudah beku dapat Kembali hidup dan berenang bebas.

Video yang berdurasi 2 menit 13 detik itu mempertontonkan seorang lelaki yang mengambil ikan beku dari freezer, lalu mencelupkan ikan tersebut ke sebuah ember yang berisi air dan 1 ikan hidup. Awalnya ikan beku itu terbujur kaku tapi tak lama kemudian di menit 1:20 ikan beku tersebut mengeluarkan gelembung dan menggerakkan tubuhnya selayaknya ikan hidup pada umumnya.

Video yang sudah ditonton 1,9 juta viewer mendapat banyak respons kagum netizen. Namun meski terlihat meyakinkan, ada pula yang meragukan keaslian video tersebut sampai-sampai mengecap itu hanya sebuah hoax belaka. ini link videonya youtube.com/watch?v=1NQKEFeFKsc

Namun sekarang… apakah benar ikan beku dapat hidup Kembali?

Pada dasarnya tidak ada makhluk yang benar-benar mati dapat dihidupkan kembali, yang ada di dalam video tersebut sebenarnya ikan tersebut masih hidup, hanya saja dibekukan di dalam freezer.

Berdasarkan paparan ilmuwan Biologi dan Plankton, University of Rhode Island, Richard Pierce bahwa ikan memiliki cara tersendiri untuk bertahan hidup di bawah suhu dingin. 

Eh, bagaimana caranya? Padahal manusia sendiri tidak dapat bertahan di bawah suhu 30 derajat Celsius dikarenakan tidak adanya oksigen yang diedarkan saat darah ikut membeku

Lalu bagaimana dengan ikan? 

Ternyata ikan memiliki rahasia yang mampu menghasilkan zat antibeku pada darah mereka. Hal ini pula dapat menjawab bagaimana ikan dapat hidup pada musim salju bahkan setelah terjebak dalam es. Meskipun kemungkinan perlakuan berulang dapat membunuh si ikan.

Zat antibeku merupakan protein plasma antibeku atau Antifreeze proteins (AFPs) yang dapat mengikat kristal es

“Ketika kamu menumbuhkan es pada tubuh, AFP akan mengikatnya sementara protein akan dikeluarkan” Christophe Marshall

Protein antibeku ini ditemukan dalam darah ikan dan diketahui dapat menahan suhu serendah minus 1,9 derajat Celsius.

Meskipun ada beberapa hal belum terjawab yang seharusnya membuat ikan tidak dapat hidup, tetapi para ilmuwan meyakini bahwa AFPs menjadi alasan utama kejadian mengagumkan pada ikan beku dapat terjadi. Salah satu ikan yang dapat hidup dalam suhu rendah yaitu Carassius carassius.




Sumber:
https://www.quora.com/What-allows-a-fish-to-be-completely-frozen-and-seemingly-come-back-to-life
https://www.dailymail.co.uk/news/article-6444687/Incredible-moment-frozen-fish-brought-life-defrosted-warm-water.html

Tidak ada komentar untuk "Penjelasan Ilmiah Ikan Beku Dapat Hidup Kembali"